Sabtu 25 Jan 2020 21:38 WIB

ICA Usul 25 Januari Jadi Hari Chef Nasional

Tujuan bersatunya para chef untuk memperjuangkan harkat dan pengakuan atas profesinya

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Andi Nur Aminah
Tanggal 25 Januari diusulkan menjadi Hari Chef Nasional. Foto chef cilik sedang beraksi. (ilustrasi)
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Tanggal 25 Januari diusulkan menjadi Hari Chef Nasional. Foto chef cilik sedang beraksi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesian Chef Association (ICA) mengusulkan kepada pemerintah untuk menjadikan 25 Januari sebagai Hari Chef Nasional. Ada sejarah dan alasan mendasar tanggal tersebut dipilih oleh para chef di Indonesia sebagai hari jadi asosiasi.

“Pencentusan tanggal ini menjadi hari jadi ICA adalah karena pada tanggal 25 Januari di tahun 2007, adalah hari yang sangat penting bagi para chef Indonesia. Pada saat itu ratusan chef dari berbagai asosiasi yang berbeda-beda sepakat sinergi sekaligus menjadi Indonesian Chef Association,” kata Presiden ICA, Henry Alexie Bloem, Sabtu (25/1).

Baca Juga

Menurutnya, tujuan bersatunya para chef ini untuk memperjuangkan harkat dan pengakuan atas profesi Chef Indonesia, sehingga sejajar dengan chef-chef luar negeri. Hal itu juga bersamaan dengan memperjuangkan pelestarian kuliner Indonesia. Dan para chef terus berkomitmen untuk membumikan kuliner Indonesia ke dunia Internasional.

“Komitmen untuk mempersatukan para chef yang berasal dari daerah dan asosiasi yang berbeda ini sangatlah tidak mudah. Tapi kami berhasil mewujudkannya,” kata Henry.

Hasilnya, para chef selama ini telah memberikan kontribusi aktif dan nyata kepada negara. Karena selain berprofesi sebagai chef mereka juga jadi ..public relations yang telah memperkenalkan kuliner Indonesia di manca negara. “Karena sekarang juga banyak chef Indonesia yang memiliki restoran di dalam negeri maupun manca negara,” kata Henry.

Perayaan Hari Ulang tahun ICA yg ke 13 digelar serentak oleh 22 BPD (tingkat provinsi), 34 BPC (tingkat kota) dan seluruh perwakilan di luar negeri dengan mengadakan coaching clinic ke mahasiswa dan pelajar, bakti sosial ke panti asuhan dan korban banjir serta lomba lomba masakan Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement