Sabtu 18 Jan 2020 17:19 WIB

Asman Jawab Peluang PAN Gabung Pemerintah

Caketum PAN Asman Abnur menjawab peluang bawa PAN merapat ke pemerintah.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Calon Ketua Umum PAN Asman Abnur memberikan keterangan pers terkait kepastian dirinya maju dalam kontestasi pemilihan Caketum PAN 2020-2025 di Hotel Sahid, Jakarta, Jumat (17/1).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Calon Ketua Umum PAN Asman Abnur memberikan keterangan pers terkait kepastian dirinya maju dalam kontestasi pemilihan Caketum PAN 2020-2025 di Hotel Sahid, Jakarta, Jumat (17/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Asman Abnur memutuskan maju dalam kontestasi pemilihan calon ketua umum PAN 2020-2025. Dalam kesempatan itu, Asman juga menjelaskan terkait kemana sikap politik PAN jika dirinya terpilih sebagai ketua umum PAN.

Menurutnya, pengalamannya dua tahun duduk di kabinet pemerintahan Jokowi di periode pertama menjadi modal komunikasi yang baik antara PAN dan pemerintah ke depan. Ia berharap hal itu menjadi kebaikan bagi PAN.

Baca Juga

"Alhamdulillah ya dua tahun berkerja dengan Pak Jokowi hubungan baik komunikasi bagus, dan saya selama bekerja juga tidak meninggalkan bekas-bekas yang negatif di Menpan RB dan banyak program saya yang banyak apresiasi, ini menurut cerita orang," kata Asman di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (17/1).

Ia juga menilai hubungan partai dengan semua lini perlu terjalin baik. Kendati demikian, Asman menegaskan bahwa dirinya tetap akan berpegang pada profesionalisme. Dirinya mengaku akan menyerahkan keputusan menentukan sikap partai kepada kader PAN.

"Sikap partai ke depan ditentukan oleh partai sendiri bukan ketua umumnya. Saya yakin betul nanti kalau mekanisme sudah jalan, sistem sudah jalan, nanti akan ada keputusan yang akan diambil oleh DPP," ucapnya.

PAN diketahui cukup lama dalam menentukan sikap politik. Sejumlah pihak menilai internal PAN sendiri terbagi dua antara pendukung pemerintah dan bukan pendukung pemerintah.

Sikap Amien Rais sendiri beberapa kali menegaskan bahwa dirinya ingin PAN berada di luar pemerintah. Sedangkan Zulkifli Hasan terkesan akrab dengan Presiden Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement