Rabu 15 Jan 2020 21:47 WIB

Layanan Satu Pintu Ini tak Buat Repot Lagi Urus Listrik

Layanan tersebut bisa menghindari praktek percaloan dan lebih efisien.

Petugas PLN memasang instalasi listrik baru di rumah yang menjadi korban banjir di Perumahan Pondok Gede Permai Bekasi, Jumat (10/1).
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Petugas PLN memasang instalasi listrik baru di rumah yang menjadi korban banjir di Perumahan Pondok Gede Permai Bekasi, Jumat (10/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Layanan Satu Pintu (LSP) yang dibuka oleh PLN, memberikan kemudahan bagi konsumen saat ingin melakukan penyambungan baru atau penambahan daya sekaligus dengan permohonan Sertifikat Laik Operasi (SLO). Melalui layanan ini, PLN berharap, konsumen tidak perlu lagi repot mengurus listrik.

Sebelumnya, konsumen memperoleh SLO dari Lembaga Inspeksi Teknik (LIT) yang terpisah dari PLN sebelum mendaftar pasang baru listrik. Namun, dengan adanya Layanan Satu Pintu ini, konsumen cukup satu kali melakukan  pengajuan pasang baru/tambah daya listrik sekaligus pengurusan SLO dengan mendaftar langsung melalui Contact Center PLN 123, Website PLN www.pln.co.id, ataupun PLN Mobile. 

Layanan Satu Pintu  memberikan kemudahan akses kelistrikan kepada masyarakat serta memberikan informasi transparansi biaya kepada konsumen secara transparansi. Jangka waktu layanan pasang baru sesuai Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) yang berlaku. Bahkan khusus untuk penyambungan listrik dengan daya 100 sampai 200 kl Volt Ampere (kVA), PLN berkomitmen untuk bisa melayani dalam waktu maksimal 18 hari kerja (catatan: setelah bangunan dan instalasi listriknya siap.) 

Proses pasang baru dilakukan cukup dengan 2 prosedur yaitu bermohon (langsung bayar) dan penyalaan. Konsumen pun cukup melakukan satu kali pembayaran biaya PLN dan biaya SLO menggunakan 1 mode booking. Konsumen juga dapat memperoleh keringanan biaya penyambungan melalui metode angsuran. 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad mengatakan, layanan satu pintu ini dilakukan agar masyarakat di wilayah Jakarta dapat menikmati kemudahan yang diberikan PLN dalam permohonan kelistrikan. 

Ikhsan berharap, dengan adanya layanan satu pintu ini pelanggan mendapatkan kemudahan dalam mengurus keperluan kelistrikan sehingga dapat menyederhanakan prosedur dan mempercepat waktu.

"Pelanggan dapat kemudahan menikmati listrik dan tidak harus repot datang ke kantor kalau ingin menambah daya atau ingin pasang baru, cukup menggunakan layanan Contact Center123, PLN mobile atau website PLN," ungkap dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Rabu (15/1).

Ikhsan Asaad juga menyampaikan, Layanan Satu Pintu sebagai bentuk reformasi pelayanan yang mampu meningkatkan kemudahan mendapatkan listrik. “Layanan tersebut bisa menghindari praktek percaloan dan lebih efisien. Masyarakat lebih hemat waktu dan tenaga pastinya," ujarnya.

Layanan Contact Center PLN 123 tidak hanya bisa diakses melalui telepon saja, tetapi juga bisa melalui sosial media Facebook PLN 123, Twitter @pln_123, Instagram @pln_123official, dan email [email protected].

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement