Jumat 10 Jan 2020 17:06 WIB

Mega Tegaskan tak akan Lindungi Kader tak Taat Instruksi

Kader PDIP harus memiliki semangat untuk mewujudkan cita-cita rakyat.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ratna Puspita
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan dirinya tidak akan melindungi kader yang tidak menaati instruksi partai. Instruksi yang dimaksud Megawati adalah agar kader PDIP di seluruh tanah air memenuhi jiwa raga mereka dengan semangat untuk mewujudkan cita-cita rakyat.

"Pidato politik ini adalah instruksi langsung dari ketua umum bagi seluruh kader PDIP. Saya tidak akan melindungi kader yang tidak taat terhadap instruksi partai," kata Megawati saat menyampaikan pidato politik dalam rapat kerja nasional (Rakernas) I PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat (10/1).

Baca Juga

Dia memerintahkan kader partai agar jangan sekali-sekali memunggungi rakyat. "Jangan berhitung untung rugi bagi kerja politik, jangan mencari keuntungan pribadi atau kelompok dari tugas ideologis ini," kata Megawati lagi.

Presiden Kelima RI ini jugs meminta kader partai untuk melakukan gebrakan guna melaksanakan ideologi tersebut. Putri presiden pertama RI ini lantas memberikan kesempatan bagi kader yang tidak bisa mengikuti instruksi tersebut untuk angkat kaki dari partai berlogo banteng moncong putih ini.

Dia menegaskan, membangun dan mempertahankan partai selama 47 tahun bukanlah merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Dia mengatakan usia yang hambir menginjak separuh abad itu bukan sebuah perjalanan singkat karena partai akan terus digembleng oleh keadaan.

Seperti diketahui, Rakernas I PDIP yang dihadiri sekitar 4.371 peserta itu mengangkat tema "Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional". Rakernas juga mengambil sub tema "Strategi Jalur Rempah dalam Lima Prioritas Industri Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari".

Rakernas juga dihadiri sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri BUMN Erick Thohir. Kegiatan juga dihadiri oleh Ketua Wantimpres Wiranto serta Ketua Umum sejumlah partai politik seperti Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Muhamadiyah Din Syamsudin hingga Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement