Rabu 08 Jan 2020 00:45 WIB

Adminduk Warga DKI yang Rusak Akibat Banjir Bisa Diperbaiki

Perbaikan administrasi kependudukan itu bisa didaftar melalui kelurahan.

Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan perekaman KTP elektonik (ilustrasi)
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan perekaman KTP elektonik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali mengimbau kepada warga Jakarta yang administrasi kependudukan (adminduk) nya, rusak akibat banjir segera memperbaiki di kantor kelurahan terdekat. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah saat meninjau posko pengungsi banjir di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Pancoran yang berlokasi di Jalan Pengadegan Timur 1, Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (7/1).

Pada kesempatan itu, Saefullah mengapresiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI yang telah tanggap dan cepat dalam melakukan penggantian dokumen dasar kependudukan bagi warga terdampak banjir di ibu kota. "Kami atas nama Pemprov DKI Jakarta menyampaikan terima kasih atas respons cepat penggantian dokumen dasar kependudukan warga yang terkena dampak banjir," ujarnya.

Baca Juga

Saefullah menjelaskan, penggantian dokumen dasar kependudukan yang dilakukan di lokasi berupa KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Bagi warga terdampak banjir lainnya yang ingin mengganti dokumen kependudukan bisa datang langsung ke kelurahan.

"Ini sangat mudah. Datang saja ke kelurahan. Blangko kita cukup. Dalam hitungan warktu lima menit sudah selesai," katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI, Zudan Arief Fakrulloh menambahkan, selama ini pihaknya telah menginstruksikan kepada kepala dinas, termasuk di wilayah DKI Jakarta untuk bergerak aktif menangani bencana. "Pascabencana kami langsung aktif mendata dan mengganti dokumen yang hilang maupun rusak dengan gratis," imbuh Zudan.

Pemprov DKI sudah mulai membuka loket pelayanan perbaikan adminduk warga Jakarta sejak Kamis 2 Januari di tempat pengungsian. Beberapa warga yang ikut mengungsipun sudah mulai mengurus adminduk mereka. Terbaru Dukcapil DKI telah mengurus perbaikan 1.364 dokumen kependudukan baru yang hilang dan rusak akibat banjir kemarin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement