Ahad 05 Jan 2020 20:20 WIB

Bupati Bogor Minta Jokowi Bantu Penanganan Longsor Sukajaya

Helikopter Jokowi batal mendarat diakibatkan cuaca buruk di Sukajaya.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan pihaknya meminta Presiden Joko Widodo membantu penanganan pasca bencana di Kabupaten Bogor.

"Penanganan harus dilakukan bersama dan tidak hanya jadi beban daerah tapi juga provinsi dan pusat karena kerusakan yang tinggi," ujar Ade di Desa Pasir Madang,  Kecamatan Sukajaya, Minggu (5/1/2020).

Baca Juga

Hari ini Ade sendiri belum sempat menyampaikan keinginannya itu karena helikopter yang ditumpangi Jokowi yang berangkat dari Landasan Udara (Lanud) Atang Sendjaya batal mendarat di Sukajaya. 

AYO BACA : Kampungnya Hancur, Ribuan Jiwa di Sukajaya Bogor Terpaksa Mengungsi

"Tadi ketika beliau datang (di Lanud Atang Sendjaya), kita sambut lalu beliau langsung naik pesawat, rencananya kita akan bincang-bincang di sini," kata Ade. 

Dia mengatakan bahwa helikopter Jokowi batal mendarat diakibatkan cuaca buruk di Sukajaya. 

"Kunjungan presiden (ke Sukajaya)  ingin melihat secara langsung, mau bertemu dengan korban bencana,  tapi beliau belum bisa karena cuaca kurang bersahabat, Insyaallah akan hadir tapi ditunda," katanya. 

AYO BACA : Jokowi Perintahkan Percepat Buka Akses Desa Terisolasi Longsor di Bogor

Sementara itu Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan bahwa Jokowi yang gagal mendarat telah meminta Kementerian PUPR untuk membuka seluruh akses desa terisolasi dengan cepat agar bisa segera digunakan untuk membawa bantuan. 

"Secepatnya kita buka minimal hari ini jalur bisa dibuka untuk motor dulu atau yang penting bantuan bisa masuk," kata Heru saat mengunjungi korban bencana di Desa Pasir Madang. 

Menurut Heru sejak Sabtu (4/1/2020) malam Kementerian PUPR telah menurunkan sejumlah alat berat dan telah mulai bekerja untuk membuka jalan.

"Sampai hari ini masih bekerja dan (alat berat) akan ditambah siang hari ini, secepatnya alat-alat berat yang diperlukan untuk membuka jalur jalan desa yang terisolasi akan dikirim dari lokasi terdekat untuk menambah bantuan eskavator," katanya. 

Dalam kunjungan ke Desa Pasir Madang ini, Heru yang mewakili Jokowi yang gagal mendarat membawa 6.000 bantuan paket sembako untuk warga terdampak bencana. 

AYO BACA : Cuaca Buruk, Helikopter Jokowi Batal Mendarat di Lokasi Bencana Bogor

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement