Jumat 03 Jan 2020 13:17 WIB

Banjir, Dahulukan Empati daripada Mencaci

Di keadaan saat ini sebaiknya dahulukan empati kepada korban banjir daripada mencaci.

Ustaz Cholidi Asadil Alam
Foto: Darmawan / Republika
Ustaz Cholidi Asadil Alam

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ustaz Moch. Cholidi Asadil Alam

Musibah banjir kali ini memang luar biasa, banyak korban dan terjadi di banyak titik. Reaksi dunia maya atau medsos juga luar biasa, ada yang sedih (simpati dan empati), ada yang mendoakan, dan tak sedikit yang saling menyalahkan (muatan politik).

Namun saudara-saudaraku, dalam keadaan saat ini sebaiknya dahulukan rasa empati kepada korban banjir daripada mencaci. Berfikirlah apa yang bisa kita perbuat untuk mereka, karena mereka saudara-saudara kita juga. Berikan apa yang bisa kita berikan kepada mereka, bisa berupa uang (donasi), jika tak punya uang lebih untuk donasi bisa berupa tenaga seperti membantu mengevakuasi, bisa berupa pakaian, bahkan bisa berupa doa.

Hadist Nabi SAW:

مثل المؤمنين في توادهم، وتعاطفهم، وتراحمهم، مثل الجسد، إذا اشتگی

Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi, seumpama tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam.” HR. Muslim.

Dari hadist nabi tersebut, kita harus ikut merasakan melalui rasa empati tentang apa yang saudara kita rasakan saat terkena musibah. Saya bergerak dengan komunitas yang saya bangun, yaitu "Gerakan Perbaiki Diri" #GuepedePeduli di setiap banjir atau musibah di Jakarta dan kota lainnya, kami hadir berikan bantuan. Seratus persen donasi kami berikan ke korban musibah.

Dari hari pertama banjir 1 januari 2020 saya dan tim turun langsung menyalurkan bantuan ke titik banjir Rawajati, Jakarta Selatan. Kemudian di hari kedua, Kamis 2 Januari 2020, saya dan tim ke Kuningan Barat, Blok S Tendean.

Saya melihat begitu banyak orang membutuhkan bantuan, pascabanjir pun mereka tetap butuh bantuan, seperti alat pembersih, sabun atau pewangi lantai dan lain-lain. Dapur umum sampai hari ini, Jumat 3 Januari 2020 juga masih aktif karena warga yang masih bekerja keras membersihkan rumah dan lingkunganya tidak bisa memasak di rumah. Dapur umum pun masih menyuplai makanan untuk warga.

Mari saudara/i-ku kita bantu korban banjir. Kita ringankan beban mereka dengan apa yang bisa kita perbuat membantu para saudara kita korban banjir. Semoga Allah selalu merahmati kita dan keluarga. Aamiin ya rabb.

Note: Jika Anda mau memberikan donasi, bisa juga melalui komunitas kami "Gerakan Perbaiki Diri" instagram @guepede_perbaikidiri

Bantuan 100% kami sumbangkan.

No. Rekening : 0170005300

a/n. Moch. Cholidi Asadil Alam

BCA Syariah

(Konfirmasi transfer via WA: 0818 0666 6689)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement