Rabu 01 Jan 2020 15:58 WIB

Sejumlah Ruas Jalan di Tangsel Terendam Banjir

Hingga kini kedalaman air di beberapa ruas jalan sekitar 50 hingga 60 sentimeter.

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Andi Nur Aminah
 Hujan yang mengguyur sejak petang hari menyebabkan banjir di Jalan Aria Putra, Serua Indah, Ciputat, Tangsel.
Hujan yang mengguyur sejak petang hari menyebabkan banjir di Jalan Aria Putra, Serua Indah, Ciputat, Tangsel.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Hujan lebat mengguyur Tangerang Selatan (Tangsel) sebabkan sejumlah jalan tak bisa dilewati. Hingga kini kedalaman air di ruas jalan tersebut sekitar 50 hingga 60 sentimeter.

Jalan Aria Putra, Serua Indah, Ciputat, Kota Tangsel terkena imbas luapan air sungai. Nampak luapan air dari sungai sekitar mengalir deras menutupi jalan tersebut. Sejumlah pengendara juga terlihat berbalik arah mencari jalan alternatif.

Baca Juga

Salah satu warga kelurahan Serua Indah, Ciputat, Abdul (35) mengatakan naiknya volume air hingga menutupi jalan terjadi pada pukul 05.00 WIB. Kondisi tersebut disebabkan kondisi hujan yang tak kunjung mereda.

“Banjir itu pagi sekitar pukul 04.30 WIB, keliatan sudah mulai menutupi jalan. Tapi masih bisa dilewati. Hujan deras air sungai naik terus ke jalanan, sampai akhirnya nutup,” jelasnya, Rabu (1/1)

Menurutnya, jalan tersebut memang kerap sekali banjir tapi kali ini yang paling parah. Dari pagi tadi belum mengalami penurunan volume air di ruas jalan tersebut. Debit air semakin tinggi ketika memasuki siang hari sekitar pukul 11.00 WIB.

Salah satu pengguna sepeda motor yang segera melintas jalan tersebut, Iqbal (43) mengatakan risiko kerusakan kendaraan jika memaksakan melewati ruas jalan tersebut. Beberapa pengendara telah mencoba dan akhirnya mengalami mati kendaraan. “Saya cari jalan alternatif, kemungkinan ini muter agak jauh,” jelasnya.

Sementara, Kapolsek Ciputat, Kompol Endy Mahandika yang mendapati laporan dari warga, pukul 02.00 WIB ruas jalan masih dapat dilewati. Kebanyakan mereka yang telah merayakan malam tahun baru masih bisa melewati ruas jalan tersebut.

“Mungkin setelah Shalat Subuh mereka pergi aktivitas baru ketauan ada genangan. Ini umum ya bukan di wilayah Ciputat aja, di wilayah yang lain juga sama kurang lebih sekitar jam segitu,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan untuk kedalam air di ruas jalan tersebut sekitar 50 sampai dengan 60 sentimeter. Menurutnya untuk saat ini tinggal menunggu waktu saja agar debit air semakin berkurang dan bisa dilewati.

“Kita juga lakukan jebol tanggul rumah warga, dihancurkan sementara untuk proses evakuasi banjir agar cepat surut,” kata Endy.

Lebih lanjut, kata Endy, ini air kiriman dari aliran sungai yang berpusat di Bogor. Adapun jika Bogor terus mengalami hujan dengan intensitas yang tinggi maka beberapa wilayah di Tangsel dan sekitar akan mengalami banjir. “Ini masih lama sore kemungkinan baru bisa surut di sana (sungai), air juga cukup deras, belum tahu kapan akan surut,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement