Selasa 24 Dec 2019 20:39 WIB

Menkes: Hindari Emosi Berlebihan Saat di Jalan

Menkes mengimbau masyarakat yang hendak berlibur tak emosi berlebihan di jalan.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat yang hendak berlibur tak emosi berlebihan di jalan.
Foto: Republika/Wihdan
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat yang hendak berlibur tak emosi berlebihan di jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki musim libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (nataru) Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto meminta masyarakat yang bepergian untuk menjaga emosinya di jalan. Ia menyerukan agar pengendara tidak emosi berlebihan dalam menghadapi situasi di perjalanan.

"Jangan merasa terdahului, biarkan kalau yang lain mau mendahului," ujarnya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (24/12).

Baca Juga

Terawan mengingatkan agar pengendara berhati-hati di jalan. Dengan begitu, tujuan berlibur dan silaturahim bisa tercapai.

Di samping kesiapsiagaan layanan kesehatan, Menkes mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kondisi kesehatan. Pelancong juga diserukan mengedepankan aspek keselamatan supaya selamat sampai tujuan.

"Jaga kesehatannya, cukup istirahatnya, jangan lupa minum yang cukup dan makan yang teratur selama perjalanan," kata Terawan.

Untuk memasrikan pelayanan kesehatan selama nataru, Menkes meninjau kesiapan pelayanan kegawatdaruratan milik Dinas Kesehatan Kota Bandung, yakni Public Safety Center (PSC) 119. Berdiri sejak tahun 2015, PSC 119 berupaya memberikan layanan kegawatdaruratan selama 24 jam dengan menghubungi call center yang tersedia.

Rata-rata, PSC119 Kota Bandung menerima 70 panggilan per hari. Konsep yang dikembangkan dalam layanan ini dengan sistem jemput bola, yakni petugas mendatangi masyarakat secara langsung.

Hingga kini, PSC 119 Kota Bandung telah memiliki 10 ambulans, lima pengemudi, satu dokter, lima perawat dan 10 agen call center yang dibagi dalam tiga shift, yakni pagi, siang dan malam. Dalam rangka menyambut libur akhir tahun, PSC 119 Kota Bandung telah menyiapkan posko di Terminal Cicaheum dan Terminal Leuwi Panjang.

Selain itu, juga ada ambulans bergerak. Atas kesiapan tersebut, Menkes merasa bangga dan mengungkapkan rasa terima kasih kepada para petugas.

"Ok, makasih. Berarti sudah siap ini, makasih, ya,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement