Sabtu 21 Dec 2019 01:30 WIB

Ini Titik Keramaian Malam Pergantian Tahun di DKI

Rangkaian acara pergantian tahun di DKI digelar sepanjang Sudirman Thamrin.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Indira Rezkisari
Suasana pergantian malam tahun baru di Bundaran HI, Jakarta. Rangkaian acara pergantian tahun baru di DKI Jakarta dimulai dari pukul 17.00 hingga 24.00 WIB.
Foto: Antara/Putra Haryo Kurniawan
Suasana pergantian malam tahun baru di Bundaran HI, Jakarta. Rangkaian acara pergantian tahun baru di DKI Jakarta dimulai dari pukul 17.00 hingga 24.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merayakan pergantian tahun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar sejumlah acara yang dapat dinikmati warga Jakarta dan sekitarnya. Tak hanya di Balai Kota, melainkan juga tersebar di sejumlah titik sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin.

Seluruh rangkaian Acara Malam Pergantian Tahun Baru 2020 dilaksanakan pada hari Selasa (31/12), mulai pukul 17.00–24.00 WIB. Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Instruksi Sekretaris Daerah Nomor 122 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Acara Malam Tahun Baru 2020.

Baca Juga

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, dalam konferensi pers di Balairung, Balai Kota Jakarta, pada Jumat (20/12). Saefullah menjelaskan, seperti tahun sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar Nikah Massal, yang terdiri dari pernikahan baru dan juga itsbat (pengesahan) nikah.

“Jika tahun sebelumnya acara Nikah Massal diadakan di Lapangan Parkir Thamrin 10, namun tahun ini acara tersebut diselenggarakan di Halaman Balai Kota Jakarta. Acara Nikah Massal dibuka dengan pertunjukan Marawis, Band Akustik, dan Rebana Hadroh pada pukul 17.00 WIB,” jelas Saefullah.

 

Peserta Nikah Massal sebanyak 631 pasang, yang terdiri atas pernikahan baru sebanyak 141 pasang dan itsbat nikah sebanyak 490 pasang. Seluruh peserta Nikah Massal akan mendapatkan gratis biaya nikah dan atau biaya sidang itsbat, uang mahar senilai Rp 1 juta, dan bingkisan pernikahan.

"Ini dari dukungan Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta dan juga Pemprov DKI Jakarta," ujar Saefullah.

Selain itu, lanjut Saefullah, terdapat panggung hiburan di 5 (lima) lokasi. Yaitu Halaman Balai Kota Jakarta, Pintu Barat Daya Monas, Jalan Wahid Hasyim (Depan Gedung Jaya), area Bundaran Hotel Indonesia, dan Spot Budaya Dukuh Atas.

Untuk panggung hiburan di area Bundaran Hotel Indonesia, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Indosiar Visual Mandiri, dengan menghadirkan sejumlah artis papan atas, salah satunya Rhoma Irama. Panggung Hiburan tersebut dapat disaksikan warga Jakarta pada pukul 19.00 – 24.00 WIB.

Tak hanya panggung hiburan di 5 (lima) lokasi tersebut, adapula penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur di 4 (empat) lokasi, yakni Terowongan Kendal, Trotoar Halte Menara UOB, Trotoar sekitar Bawaslu RI, Trotoar Depan Sarinah. Penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur dapat disaksikan mulai pukul 16.00 – 22.00 WIB.

Seluruh kegiatan ini juga telah diinformasikan kepada pengelola gedung sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan M.H.Thamrin s.d Jalan Jend. Sudirman melalui Surat Sekda Nomor 1727/-073 tanggal 16 Desember 2019.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan melakukan penutupan jalan secara berkala untuk persiapan acara, gladi bersih, hingga acara berlangsung. Persiapan acara atau loading barang pada 24-31 Desember, dilakukan pengaturan lalu lintas pada pukul 00.00 - 05.00 WIB, agar mobilisasi warga tidak terganggu.

Sedangkan, untuk gladi bersih tanggal 30 Desember 2019, dilakukan pengaturan lalu lintas secara tentatif pukul 14.00 - 23.00 WIB di sekitar Bundaran HI. Sementara itu, pada saat acara tanggal 31 Desember 2019, dilakukan pengaturan lalu lintas.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement