Selasa 17 Dec 2019 01:32 WIB

Kota Bogor Kini Punya Kampung Inggris

Kampung Inggris Bogor berlokasi di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Kampung Inggris yang dikenal ada di Pare, Kediri, Jawa Timur, sebagai tempat belajar bahasa Inggris. Kini Kampung Inggris bisa dijumpai di Kota Bogor, tepatnya di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah.

Lurah Sempur, Marissa mengatakan, pembentukan Kampung Inggris Sempur atau Sempur English Camp (SECA) dilatarbelakangi sebagai upaya dalam menyelesaikan persoalan kemiskinan di Kelurahan Sempur. Jumlah penduduknya sebanyak 415 kepala keluarga (KK) berdasarkan data dari Kementerian Sosial.

“Salah satu cara yang kami pilih melalui pendidikan, yakni melalui program Kampung Inggris Sempur atau Sempur English Camp (SECA)," ujarnya, Minggu (15/12/2019).

Dia berharap, jika anak-anak yang sejak usia dini diajarkan bahasa Inggris dan berkembang baik, mereka akan memiliki modal berupa skill berbahasa asing. Sehingga, mereka kelak akan membantu dan memudahkan mereka dalam mencari pekerjaan.

Dalam peresmian tersebut, pihaknya menghadirkan 140 murid SECA yang masih duduk di bangku TK atau SD. Mereka merupakan warga Kelurahan Sempur, dari 7 RW sebagai awalan.

Diharapkan ke depan para murid SECA tersebut bisa membantu mengajarkan bahasa Inggris kepada para orang tua dan warga sekitarnya. Pengembangan Kampung Inggris Sempur sudah dipersiapkan sejak 4 bulan lalu.

''Saat ini kamp yang sudah terbentuk ada lima, yakni di RW 3, 5, 6, 7 dan di kantor kelurahan Sempur,'' kata Marissa. ''Selain itu akan dibuatkan sistem, sehingga ketika nantinya pimpinan berganti, program ini terus berjalan.''

Marissa menjelaskan, Kampung Inggris Sempur berhasil meraih Juara Pertama tingkat Kota Bogor dalam program pengentasan kemiskinan tingkat Kota Bogor dan akan mengikuti ajang yang sama di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Ketua SECA, Royno Soleh Mayang menambahkan, pembentukan SECA merupakan respon keprihatinan dihapusnya mata pelajaran bahasa Inggris dari kurikulum SD. Disamping itu masih banyak masyarakat menengah kebawah yang belum terlayani dalam memperoleh kursus bahasa inggris.

Melalui swadaya ia bersama pihak-pihak terkait lainnya mencoba untuk memberikan kursus bahasa Inggris, utamanya bagi pelajar SD.

“Semoga melalui keberadaan SECA generasi muda Sempur khususnya memiliki kualitas yang lebih unggul," harapnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement