Kamis 12 Dec 2019 16:09 WIB

Anies Resmikan Pembangunan Rumah DP Nol Rupiah Tahap II

Luas lahan rumah DP nol rupiah yang dibangun mencapai 2,9 hektare.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Friska Yolanda
Gubernur DKI Anies Baswedan
Foto: Republika/Febryan A
Gubernur DKI Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan groundbreaking (peletakan batu pertama) untuk pembangunan Samawa Rumah DP Nol Rupiah (Samawa) Tahap Kedua. Pembangunan dilakukan di Nuansa Cilangkap di Jalan Raya Cilangkap, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (12/12).

Proyek pembangunan hunian DP nol rupiah ini bekerja sama dengan empat BUMD Provinsi DKI Jakarta. Keempatnya yaitu PD Pembangunan Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo dan Perumda Pasar Jaya sebagai pengembang, serta PT Bank DKI sebagai bank pelaksana. 

Baca Juga

Anies menyampaikan pembangunan Samawa DP nol rupiah ini mempunyai fasilitas yang lengkap dan sangat layak huni. "Kali ini kita ingin kirimkan pesan bahwa program DP nol rupiah yang dibangun merupakan fasilitas perumahan yang sehat, ada fasilitas bermain, fasilitas belajar, fasilitas berinteraksi," ujar Anies Kamis.

Anies berharap dengan lingkungan yang sehat ini mampu menumbuhkan generasi baru yang memiliki karakter yang baik. Iklim yang dibangun adalah iklim yang sehat, bahkan bagi keluarga-keluarga yang nanti tinggal di sini. Selain itu para penghuni juga akan memiliki rasa kesetaraan dengan masyarakat lain yang memiliki tempat tinggal lewat mekanisme pasar atau swasta.

Anies berpesan kepada BUMD yang mengerjakan proyek ini agar mengutamakan jangka waktu pembangunan agar sesuai jadwal (18 bulan), on budget, dan mengutamakan kualitas. Anies berharap kepada para pekerja, pembangunan rumah DP nol rupiah ini layaknya rumah sendiri.

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoori C Pinontoan menjelaskan luas lahan keseluruhan Nuansa Cilangkap mencapai sekitar 2,9 hektare. Lahan bangunan satu tower (menara) seluas kurang lebih 0,65 hektare. Nuansa Cilangkap Hunian DP Nol Rupiah direncanakan akan dibangun dalam empat tower.

"Saat ini yang dibangun satu tower sebanyak 850 unit dengan ketinggian 24 lantai dan dan dua tipe hunian, yaitu tipe studio dan 2 kamar, diperuntukkan bagi program DP nol rupiah dengan nama Menara Samawa Cilangkap," terang Yoori.

Pembangunan Nuansa Cilangkap Hunian DP nol rupiah ini sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dengan dilengkapi fasilitas penunjang, antara lain ruang bersama, balai warga, mushola, klinik, warung, toko, taman bermain, taman warga, sekolah, parkir kendaraan bermotor, serta Transjakarta.

Sejalan dengan hal tersebut, pembangunan Nuansa Cilangkap menggunakan sumur resapan dan biopori sebagai metode resapan air yang bertujuan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Selain lubang resapan biopori, juga disediakan lahan sebagai taman apotik hidup yang mengedepankan aspek keberlanjutan bagi penghuninya.

Program Samawa Rumah DP Nol Rupiah merupakan program strategis Pemprov DKI Jakarta sesuai Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Program ini berusaha mewujudkan keadilan sosial, sehingga tak hanya kaum berpunya yang memiliki rumah. Masyarakat  Berpenghasilan Rendahpun bisa mendapatkan tempat tinggal layak huni, nyaman dan terjangkau.

Melalui fasilitas pembiayaan uang muka dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, masyarakat yang berhak bisa mendapatkan hunian dengan langsung mencicil biaya bulanan. Sebelumnya pada tahap pertama, Samawa Rumah DP Nol Rupiah telah dibangun di Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang di dibangun di atas lahan 5.686 meter persegi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement