Kamis 12 Dec 2019 03:00 WIB

Pohon Tumbang di Sukabumi Timpa Rumah Warga

Hujan deras disertai angin mengakibatkan pohon tumbang menimpa rumah warga

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Agung Sasongko
Hujan disertai angin kencang menimbulkan pohon tumbang. foto ilustrasi
Foto: dok. Pusdalops BPBD DI Yogyakarta
Hujan disertai angin kencang menimbulkan pohon tumbang. foto ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Bencana melanda sejumlah titik di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (11/2) sore. Kejadian tersebut menyebabkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan akibat pohon tumbang.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, titik pertama bencana terjadi di Kampung Babakan RT 01 RW 04, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak sekitar pukul 15.45 WIB. ‘’ Hujan deras disertai angin mengakibatkan pohon tumbang menimpa rumah warga atas nama Ibu Ida dan Mira,’’ ujar Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna kepada wartawan, Rabu malam.

Rumah yang rusak tersebut dihuni oleh sebanyak dua kepala keluarga (KK) yang terdiri atas tuju jiwa. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan taksiran kerugian Rp 40 juta.

Petugas bencana Kecamatan Cibadak kata Daeng, setelah mendapat informasi dari aparat langsung mendatangi lokasi kejadian. Upaya penanganan dengan melibatkan aparat desa dibantu warga membantu gotong royong mengevakuasi pohon tumbang.

Daeng menerangkan, titik kedua berada di Kampung Segog Kaler RT 03 RW 01, Desa Batununggal, Kecamatan Cibadak. Di mana hujan deras disertai angin mengakibatkan dinding dapur rumah warga roboh atas nama Asep Saepulloh yang ditempati satu KK yang terdiri dari 6 jiwa. 

Taksiran kerugian dalam kejadian itu sebesar Rp 25 juta. Selanjutnya titik ketiga di Kampung Hegarsari RT 03 RW 12, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak. Di lokasi itu pohon tumbang ke jalan raya dan terjadi kemacetan total arus jalan raya Palabuhanratu.

Menurut Daeng, kejadian bencana ini akibat tingginya intensitas hujan yang disertain angin kencang. Ke depan warga diminta meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana dalam menekan timbulnya korban jiwa atau kerugian materiil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement