Rabu 11 Dec 2019 05:03 WIB

Kebun Ganja Ditemukan di Tiga Kabupaten Papua

Lokasi kebun ganja di Papua terpencar dan sulit dijangkau.

Red: Nur Aini
Kebun ganja, ilustrasi
Foto: abc
Kebun ganja, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua menemukan kebun ganja di tiga kabupaten di Papua. Lokasi kebun ganja tersebut terpencar-pencar dan sulit dijangkau.

Kepala BNNP Papua Brigjen Pol Jackson Lapalonga di Jayapura, Selasa (10/12), mengatakan kebun ganja yang ditemukan itu berada di Kabupaten Keerom, Pegunungan Bintang dan Kabupaten Boven Digul. Ia menjelaskan, sekalipun kebun ganja itu tidak luas, namun pihaknya tetap akan menindaklanjuti dan akan mengirim tim ke lokasi.

Baca Juga

Atas temuan itu, kata Jackson, pihaknya senantiasa meminta pemda setempat untuk turut berperan aktif dengan memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba. BNNP Papua sendiri sulit untuk memproses lebih jauh karena lokasinya yang sulit dijangkau dan warga juga belum mau membantu secara penuh, kata Jackson, seraya mengaku sudah pernah mengirim tim ke tiga kabupaten itu untuk melihat langsung kebun ganja tersebut.

Selain itu, warga juga tidak dapat membantu dengan sepenuh hati. Hal itu karena ada beberapa kasus lokasi kebun ganja yang ditunjuk sudah dipanen terlebih dahulu sehingga tidak optimal.

Ia mengatakan, selama 2019 tercatat 18 orang ditangkap dan dijadikan tersangka terkait kepemilikan narkotika, baik jenis ganja maupun sabu-sabu. Tercatat 19 kg ganja berhasil diamankan, baik oleh BNN Papua maupun BNN Mimika dan sabu-sabu sebanyak 700 gram.

Dengan banyaknya ganja yang diamankan menyebabkan pihaknya memprediksi sekitar satu kilogram ganja setiap bulan beredar di Papua.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement