Senin 09 Dec 2019 00:25 WIB

BMKG Pasang Sensor Pendeteksi Gempa di Mukomuko

Pemasangan sensor seismograf diharapkan selesai tahun ini.

BMKG Pasang Sensor Pendeteksi Gempa di Mukomuko. Foto ilustrasi seismograf.
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
BMKG Pasang Sensor Pendeteksi Gempa di Mukomuko. Foto ilustrasi seismograf.

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mulai memasang seismograf yang mampu mendeteksi getaran gempa bumi di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

"Saat ini BMKG sedang memasang sensor seismograf, kemungkinan selesai dalam tahun ini,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Syahrizal didampingi Supervisor Pusdalop BPBD Hitatun A Razak, Ahad (8/12).

Baca Juga

Bupati setempat sebelumnya menyampaikan surat permohonan lahan untuk pemasangan sensor seismograf di lahan hak guna usaha (HGU) milik PT Agro Muko di Kecamatan Teramang Jaya kepada Manajer PT Agro Mukomuko, namun tidak ada tanggapannya.

Selanjutnya, BMKG berkoordinasi dengan pimpinan PT Agro Mukodan akhirnya mendapatkan persetujuan memasang sensor seismograf di lahan tersebut. "BPBD sebelumnya menyampaikan surat permohonan lahan untuk pemasangan sensor seismograf di lahan HGU milik perusahaan itu tetapi tidak ada balasan, kemungkinan setelah itu BMKG menyampaikan permohonan langsung,” ujarnya.

Ia menyatakan, pemerintah setempat sangat mendukung pemasangan alat sensor untuk mendeteksi gempa itu. Ia menyebutkan, realisasi pemasangan sensor seismograf di lahan hak guna usaha milik PT Agro Mukodi Kecamatan Teramang Jaya saat ini sudah mencapai sekitar 70 persen. Ia berharap, pengerjaan pemasangan sensor seismograf di daerah ini selesai tahun ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement