Jumat 06 Dec 2019 21:37 WIB

Pemkot Bekasi Bangun Skatepark di Kolong Tol

Skatepark dibangun dengan APBD Rp 100 juta.

Rep: Riza Wahyu Pratama/ Red: Dwi Murdaningsih
 Remaja berlatih s board di Skatepark. (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Wihdan
Remaja berlatih s board di Skatepark. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota Bekasi membangun skatepark dengan biaya Rp 100 juta. Hingga saat ini, pembangunan skatepark tersebut telah mencapai 75 persen. 

Diperkirakan, taman tersebut akan dapat digunakan dalam dua atau tiga minggu kedepan. Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahjono mengatakan, Skatepark yang berada di Kolong Tol Jati Asih memasuki tahap penyelesaian. 

“Allhamdulillah taman ini sudah hampir rampung dengan sempurna dan InsyaAllah  dua atau tiga minggu kedepan kita akan bisa menikmati dan merasakan sensasi taman bermain di kolong tol Jati Asih ini,“ kata Tri, Jumat (6/12).

Dengan dibangunnya skatepark tersebut, ia menilai, pemain skate yang ada di Kota Bekasi tidak perlu kesulitan mencari tempat berlatih. Bahkan, skatepark itu nantinya tidak hanya untuk masyarakat Kota Bekasi, namun juga untuk masyarakat dari daerah lain, mulai dari Jakarta Timur maupun Kabupaten Bekasi.

Wakil Wali Kota Bekasi itu menjelaskan, pembangunan skatepark itu menggunakan dana dari APBD. Sedangkan untuk total biaya yang digunakan, ia menyebutkan, pembangunan tersebut tidak lebih dari Rp 100 juta. 

Ia menambahkan, kedepannya, selain digunakan sebagai skatepark, ruang terbuka di bawah kolong Tol Jati Asih itu juga dapat digunakan untuk bermain, tempat berkumpul. Bahkan, warga Kota Bekasi dapat menggelar acara di tempat tersebut. 

"Nanti masih akan ditata juga pohon-pohonnya," ucap Tri.

Selain di bawah kolong Tol Jati Asih, ia menjelaskan, Pemkot Bekasi juga sedang membangun tempat serupa di kolong Lintas Atas Rawapanjang. Ia juga berencana membangun tempat serupa di Lintas Atas Kranji, namun, Pemkot Bekasi akan fokus memyelesaikan penataan jalan di wilayah tersebut. 

"Kalau di Kranji itu kita masih akan fokus penataan jalannya dulu, tapi nanti bertahap akan kita tata, sebab itu adalah tempat yang memiliki nilai sejarah juga pada saat itu Jepang di tahan keretanya itu tertahan di sana," ujar dia.

Salah satu anggota yang dituakan dalam Patriot Skate Bekasi, Odenk mengaku senang dengan program dari Pemkot Bekasi tersebut. Dengan adanya skatepark tersebut, ia mengaku, pemain skate di Kota Bekasi tak perlu lagi kesulitan mencari lahan kosong. 

"Skate di Bekasi banyak di tiap perumahan, kelurahan kecamatan. Ada yang maen di tiap lapangan kosong atau spot yang layak skate," kata Odenk saat dihubungi Republika.co.id.

Selain itu, dengan adanya skatepark tersebut, ia berharap, sudah tidak ada lagi pemain skate yang bermain di bahu jalan. Selebihnya, ia bersama teman-temannya akan bersama-sama merawat skatepark tersebut. 

Selain menyambut positif karena akan ada skatepark, Patriot Skate Club juga senang lantaran mereka dilibatkan dalam setiap proses pengerjaan, termasuk pula mengenai desain taman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement