Senin 02 Dec 2019 20:24 WIB

Sawahlunto Gandeng Agen Wisata Promosikan World Heritage

Sawahlunto menyandang kota wisata sejarah setelah penobatan dari UNESCO.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda
Pemadu wisata menjelaskan tentang sejarah Lubang Mbah Suro di bekas tambang batu bara di Sawahlunto. Sawahlunto menjadi destinasi wisata yang menonjolkan kekayaan sejarah.
Foto: Iggoy El Fitra/Antara
Pemadu wisata menjelaskan tentang sejarah Lubang Mbah Suro di bekas tambang batu bara di Sawahlunto. Sawahlunto menjadi destinasi wisata yang menonjolkan kekayaan sejarah.

REPUBLIKA.CO.ID, SAWAHLUNTO -- Pemerintah Kota Sawahlunto menggandeng para agen perjalanan wisata dari berbagai daerah di Indonesia untuk mempromosikan wisata di Kota Arang tersebut yang kini menjadi kota wisata sejarah atau world heritage. Sawahlunto menyandang kota wisata sejarah setelah penobatan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto dari UNESCO.

Pemko Sawahlunto kemarin, Ahad (1/12) mengajak pada agen perjalanan wisata dan juga perantau Sawahlunto dari berbagai daerah untuk menikmati prosesi makan bajamba di perayaan HUT Sawahlunto ke 131.

Baca Juga

"Kami tahu, bahwa dalam tujuan menarik dan mendatangkan wisatawan yang banyak ke Sawahlunto ini, bukanlah pekerjaan yang bisa selesai hanya oleh kami di pemerintahan kota. Teman-teman dari agen perjalanan wisata ini tentu lebih berkompeten. Makanya kita jalin kerjasama," kata Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, melalui siaran pers yang diterima Republika dari Humas Setdako Sawahlunto, Senin (2/12).

Deri menilai dengan menggandeng agen perjalanan wisata dan perantau ini peluang meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Arang jadi lebih besar. Selain melakukan pendekatan dengan acara makan bajamba, antara Pemko Sawahlunto dan agen perjalanan wisata juga melakukan penandatanganan MoU. Empat agen perjalanan wisata yang hadir ialah PT. Keumala Holidays, PT. Regina Adventure, Bintang Holidays dan Dreamland Tour.

Dalam perjanjian kerja sama ini Pemkot dan agen perjalanan wisata menyepakati antara lain, pihak agen perjalanan wisata berkewajiban memasukkan destinasi di Sawahlunto dalam paket itinerary yang ditawarkan pada konsumen, kemudian melakukan survei ke destinasi wisata di Sawahlunto, dan memberikan saran untuk peningkatan kualitas destinasi di Sawahlunto.

Pemkot Sawahlunto sendiri berkewajiban untuk memastikan destinasi wisata yang ditawarkan dalam itinerary tersebut dalam kondisi aman, tertib dan nyaman untuk dikunjungi.

Deri menjelaskan dalam perjanjian tersebut, juga disebutkan bahwa agen perjalanan wisata turut memberikan kesempatan pada pemandu wisata lokal di Sawahlunto untuk ikut melayani tamu.

"Sehingga dengan itu turut memberdayakan para pemandu wisata di Sawahlunto," ujar Deri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement