Senin 02 Dec 2019 16:48 WIB

Sukabumi Kick Off Perencanaan Pembangunan 2021

Perencanaan pembangunan di Sukabumi dilakukan lebih awal.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.
Foto: Dok Rumah Budaya Sukuraga
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Perencanaan pembangunan di Kota Sukabumi dilakukan lebih awal dan diharapkan melahirkan program terbaik. Program pembangunan diharapkan dapat berjalan sesuai harapan.

Hal ini ditandai dengan Kick Off Meeting Perencanaan Pembangunan 2021 di Hotel Maxone Kota Sukabumi, Senin (2/12). '' Kick Off ini konsolidasikan di internal pemda hal prioritas yang harus disiapkan OPD berdasarkan RPJMD dan roadmap,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Baca Juga

Menurut dia, ada hal perencanaan pembangunan baik fisik dan nonfisik yang harus disiapkan dan salah satunya melalui Musrenbang. Tahapan ini menjadi awal agar perencanaan berjalan tepat waktu untuk lahirnya program berkualitas dalam suksesnya pembangunan.

Kegiatan yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi tersebut dibuka langsung Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan dihadiri Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, dan pimpinan SKPD serta BUMD. Dalam acara itu juga disampaikan materi dari Kabid Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Bappeda Jawa Barat Yuke Maulani Septiana.

Kick Off perencanaan pembangunan 2021ini unik kata Fahmi karena 2019 belum selesai dan 2020 belum dimasuki tapi 2021 sudah lakukan proses perencanaan. Kick Off, ungkap Fahmi adalah metodelogi yang dihubungkan dalam pertandingan termasuk perencanaan. Ketika Bappeda kick off, maka menunjukkan harus siapkan metodogi dan perangkat serta siapkan hal untuk pembangunan di 2021.

Arahan presiden Joko Widodo melakukan percepatan pembangunan dengan tiga kata kunci. Pertama dalam proses percepatan reformasi birokrasi maka muncul semangat penyederhanaan eselon 3 dan 4 dan kota/kabupaten lakukan pemetaan jabatan. Upaya ini, kata dia, dalam proses birokrasi mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu yang didorong adalah sistem berbasiskan teknologi dalam mempercepat dan mempermudah layanan publik serta memaksimalkan potensi yang ada. Arahan kedua adalah percepatan infrastruktur dan ketiga inovasi pendidikan.

'' Ini tiga kata kunci dan diamanatkan, untuk mensukseskan tiga kata kunci itu maka perencanaan pembangunan menjadi kunci awal,'' ujar Fahmi. Bila salah perencanaan maka berdampak pada gagal penbangunan dan jika perencanaan benar maka sukses pembangunan.

Wali kota menekankan perencanaan pembangunan kordinasi dengan provinsi dan pusat. Ia mengatakan Kick off penting dalam rangka mengingatkan kembali terkait visi misi dan RPJMD serta program unggulan yang harus dituntaskan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi Cecep Mansur menambahkan, acara ini dalam rangka penyamaan persepsi arah dan kebijakan pembangunan Kota Sukabumi 2021. Ia mengatakan RAPBD 2020 sudah disepakati dan kini dalam tahapan evaluasi gubernur Jabar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement