Sabtu 30 Nov 2019 16:16 WIB

Bintan Tertarik Kembangkan Pulau Wisata

Pariwisata sejak dahulu merupakan sektor andalan di Bintan.

Kawasan destinasi wisata di daerah Batam dan Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.
Foto: Dok Kementerian Pariwisata
Kawasan destinasi wisata di daerah Batam dan Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau semakin tertarik mengembangkan sektor pariwisata di pulau-pulau.  Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Bintan, Luki Zaiman Prawira, di Bintan, ketertarikan pemda terhadap sektor pariwisata disebabkan potensi yang dimiliki pulau-pulau, meski masing-masing pulau memiliki daya tarik yang berbeda.

Selain itu, pariwisata sejak dahulu merupakan sektor andalan di Bintan. Sumber pendapatan asli daerah terbesar berasal dari pariwisata. "Tahun 2020 semakin digalakkan untuk promosi pulau-pulau sebagai objek wisata," katanya, yang juga mantan Kadis Pariwisata Bintan.

Luki menambahkan Pemkab Bintan menawarkan investasi di bidang pariwisata bahari di pulau-pulau. Sejumlah pulau telah dikelola sebagai tempat wisata, seperti Pulau Cempedak, Pulau Beralas Pasir, Pulau Tapai, Pulau Mangkai dan Pulau Nicoi.

"Bintan memiliki lebih dari 200 pulau, yang sebagian besar berpotensi dikembangkan sebagai kawasan wisata. Pulaunya indah, pantainya bersih, dan pasirnya putih," ucapnya.

Promosi terhadap pulau-pulau sebagai tempat wisata, menurut dia, perlu diperluas sehingga pengusaha dengan modal besar mengetahuinya. Pengusaha yang tertarik membuka usaha kepariwisataan diyakininya tertarik mengelola pulau-pulau di Bintan sebagai kawasan pariwisata.

Pengelolaan pulau-pulau sebagai kawasan wisata bukan hanya menambah pendapatan asli daerah, melainkan juga meningkatkan perekonomian masyarakat dan ekosistem di perairan tetap terjaga.

"Pasti membutuhkan tenaga kerja yag tidak sedikit sehingga pulau wisata mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement