Rabu 27 Nov 2019 10:16 WIB

Purwakarta Anggarkan Rp 6,5 Miliar untuk Perawatan Taman

Anggaran Rp 6,5 miliar untuk merawat 68 taman yang tersebar di 17 kecamatan

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Anggaran Rp 6,5 miliar untuk merawat 68 taman yang tersebar di 17 kecamatan Kabupaten Purwakarta
Anggaran Rp 6,5 miliar untuk merawat 68 taman yang tersebar di 17 kecamatan Kabupaten Purwakarta

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menganggarkan Rp 6,5 miliar per tahun untuk perawatan taman. Purwakarta diketahui memiliki 68 taman yang tersebar di 17 kecamatan.

Selama ini taman-taman itu menjadi ruang terbuka hijau yang mempercantik tataran kota. Keindahan taman-taman itu tentunya tak terlepas dari perawatan yang dilakukan secara intens oleh pemerintah setempat.

Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta merinci biaya perawatan untuk 68 taman termasuk Taman Air Mancur Sri Baduga. "Untuk biaya perawatan taman secara global mencapai Rp 6,5 miliar per tahun," ungkap Kepala Bidang Pertamanan dan PJU Distarkim Purwakarta, Kosasih, Selasa (26/11).

Ia mengatakan, dari 68 taman yang ada biaya perawatan Taman Air Mancur Sri Baduga paling besar mencapai Rp 1 miliar untuk revitalisasinya saja.

"Kemarin kita baru revitalisasi Taman Air Mancur Sri Baduga termasuk kursi penonton pencapai Rp1 miliar," kata dia.

Ia menjelaskan, sebetulnya biaya perbaikan sifatnya kondisional tidak dilakukan setiap hari, artinya biaya yang dikeluarkan juga cendrung sedikit jika kondisi taman tetap dalam kondisi baik.

"Kalau untuk perawatan seperti melakukan penyiraman dilakukan hampir setiap hari,"ujar kosasih.

Selain itu, dia berpendapat mengenai biaya Taman Air Mancur Sri Baduga yang cukup mahal tentu harus ada terobosan baru, semisal adanya retribusi untuk mengurangi beban anggaran.

"Retribusi tiket masuk bagi penonton yang terjangkau misalnya, itu bisa menjadi solusi mengurangi beban belanja," ujar Kosasih.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement