Selasa 26 Nov 2019 18:02 WIB

Mendikbud: Mendongeng Asah Kemampuan Berpikir, Berimajinasi

Mendikbud menyerukan orang tua mendongeng untuk asah kemampuan berpikir anak.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan kegiatan mendongeng yang dilakukan oleh orang tua dapat melatih imajinasi anak. Menurutnya, dengan mendongeng dan membacakan cerita, orang tua dapat membangun kecintaan terhadap buku.

"Karena dari cerita itulah kita menciptakan imajinasi dan dari situlah kita berlatih jadi kreatif, ujar Nadiem dalam keterangan pers tentang Hari Mendongeng Nasional yang merupakan rangkaian acara Pekan Perpustakaan Kemendikbud tahun 2019, di Jakarta, Selasa.

Baca Juga

Untuk itu, Nadiem mengajak para orang tua meluangkan waktu membacakan dongeng kepada anak. Hal tersebut perlu dilakukan karena melalui mendongeng dapat menciptakan semangat membaca dan bercerita bagi anak-anak.

Selain itu, kisah yang dibangun dalam cerita dongeng juga dapat menciptakan imajinasi dan melatih kreativitas anak. Nadiem mengatakan, berbagai hal yang ada di dunia tak akan terjadi tanpa diawali imajinasi. Menurutnya, kemampuan berpikir dan berimajinasi adalah kunci dari kesuksesan di masa depan.

"Jadi mohon kepada orang tua untuk membacakan dongeng kepada anak-anaknya. Mohon dilakukan setiap malam kepada anak, tak hanya ibunya, bapaknya juga harus ikutan berpartisipasi," kata Nadiem.

Nadiem menjelaskan, pendidikan anak tak hanya tugas ibu, tapi juga tugas bapak. Keduanya harus bersinergi dalam mendidik anak terlebih saat membacakan cerita-cerita dongeng yang bermanfaat.

"Di rumah, kalau malam kami juga mendongengkan bayi kami," kata Nadiem sambil menunjuk kedua puterinya yang turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam acara tersebut, istri Mendikbud Franka Nadiem Makarim turut mendongeng tentang kisah "Si Kancil" di hadapan anak-anak sekolah dasar (SD). Franka mengawali kegiatan mendongeng dengan terlebih dulu bertanya kepada anak-anak tentang karakter Si Kancil yang mereka ketahui.

Franka mengatakan, karakter si Kancil yang sebenarnya bukanlah demikian. Kancil sesungguhnya adalah hewan yang baik dan suka menolong.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement