Selasa 26 Nov 2019 15:59 WIB

Solo Trade Expo 2019 Targetkan Transaksi Rp 300 Juta

Sebanyak 110-120 stand pameran meramaikan Solo Trade Expo.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Produk kerajinan UMKM.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Produk kerajinan UMKM. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Dinas Perdagangan Kota Solo menggelar Solo Trade Expo 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 November - 1 Desember 2019 di Balai Kota Solo. Kegiatan tersebut berkonsep ekspo, edukasi dan hiburan untuk mendongkrak gairah perekonomian bersama pelaku usaha di Kota Solo.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi, menyatakan menargetkan sedikitnya 6.000 warga Solo Raya dan sekitarnya akan datang, berbelanja dan ikut memeriahkan Solo Trade Expo. Nantinya, sebanyak 110-120 stand pameran yang terdiri dari berbagai bidang usaha, mulai dari kuliner, fashion, aksesories hingga otomotif akan memeriahkan gelaran tersebut.

Baca Juga

"Untuk target penjualannya kami menargetkan transaksi bisa mencapai Rp 300 juta selama empat hari pelaksanaan," jelas Heru kepada wartawan saat jumpa pers di Kompleks Balai Kota Solo, Senin (25/11).

Solo Trade Expo 2019 akan dibuka oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo pada Kamis (28/11) malam dan dilanjutkan dengan peragaan busana dari Juminten. Setiap harinya akan ada acara berbeda, mulai dari sosialisasi dan konsultasi terkait Perizinan usaha mikro keci dan menengah (UMKM), produk industri rumah tangga (PIRT) dan Hak Paten Merk. Selain itu, juga terdapat Lomba Mewarnai Pola Batik oleh anak TK dan SD, peragaan busana dan acara lainnya.

"Solo Trade Expo tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena ada pelatihan marketing online/reseller yang sudah diselenggarakan pada 18 November yang dihadiri 150 peserta," imbuhnya.

Dari pelatihan marketing online tersebut diharapkan terbentuk reseller yang akan membantu penjualan UMKM yang menjadi peserta pameran secara daring setelah kegiatan tersebut berakhir. Tujuan dari pameran untuk memaksimalkan penjualan pada saat kegiatan dan setelah kegiatan yang bersifat kesinambungan akan tercapai.

 "Selain itu, bisa menjadi salah satu solusi pengurangan pengangguran dalam bentuk penempatan tenaga kerja non formal," ujar Heru.

Tujuan lainnya untuk memamerkan produk-produk unggulan dari UMKM binaan dinas, BUMN, BUMD, dan swasta. Kegiatan Solo Trade Expo 2019 akan dimeriahkan penampilan dari sejumlah penyanyi dan band musik. Selain itu, pada Sabtu (30/11) akan diselenggaraka n acara bakti sosial bersama anak-anak panti asuhan lintas agama di Kota Solo. Acara akan ditutup pada Ahad (1/12) dengan penampilan band musik Souljah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement