Selasa 26 Nov 2019 15:57 WIB

YLKI Sebut BPOM Bisa Mandul Kalau Wacana Terawan Dijalankan

Terawan ingin ambil alih pengawasan prapasar-penerbitan izin edar obat dari BPOM.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) berharap Menteri Kesehatan Terawan Agus Putrantot tidak mengambil alih penanganan urusan izin edar obat-obatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Ketua Harian YLKI Tulus Abadi merekomendasikan agar wacana yang dilontarkan Terawan tersebut tidak dijalankan.

Tulus mengkhawatirkan fungsi pengawasan bisa melemah andaikan Kementerian Kesehatan menjalankan kerja pengawasan prapasar dan penerbitan izin edar obat. Semestinya, ada pemisahan kerja pengawasan prapasar dengan pengawasan pascapasar.

Baca Juga

"Jika pengawasan premarket control dan postmarket control terpisah, maka upaya untuk penegakan hukum oleh Badan POM akan mandul. Sebab perizinan dan semua data ada di Kemenkes, bukan di Badan POM," kata Tulus.

Menurut Tulus,  tidak ada negara manapun yang mempraktikkan model pengawasan seperti itu.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan rencananya untuk memangkas proses pengurusan izin edar obat-obatan dengan mengembalikan kewenangan penanganan urusan tersebut ke Kementerian Kesehatan. Terawan menginginkan pengurusan izin edar obat cepat agar para industri farmasi bisa bersaing sehat di pasar dan harga obat menjadi lebih rendah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement