Selasa 12 Nov 2019 16:44 WIB

Formula E Sejalan dengan Visi Transportasi Jakarta

Formula E akan dilaksanakan Juni 2020.

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Indira Rezkisari
Formula E di Jakarta
Formula E di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Vice Chairman Jakarta E Prix Dian Fatwa mengajak masyarakat meninggalkan bahan bakar fosil menuju masa depan energi bersih. Pesan utama dari Formula E ini berupaya untuk meninggalkan Jakarta sebagai kota yang dikenal berpolusi.

“Nah ini kita coba transformasikan dengan Formula E. Kita melakukan transformasi, bukan hanya penyelenggaraan ini memberikan penjelasan terhadap Jakarta dengan dunia internasional, bahwa kita siap melakukan transformasi menuju energi terbarukan,” kata Dian Fatwa.

Baca Juga

Di samping itu, pelaksanaan Formula E adalah acara lanjutan. Formula E merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk memulai melaksanakan hal yang sudah dilakukan di seluruh dunia.

“Dengan Formula E, ini adalah kesempatan bagi kita semua untuk memulai melakukan apa yang sudah dilakukan oleh negara lainnya begitu, jadi betul-betul ini kesempatan bagi Jakarta untuk raise the bar. Bahwa kitapun mampu dan memang mampu,” jelasnya.

Sementara, tim Formula E dari London yang berada di Indonesia bangga dengan perkembangan di sini. Tanggapan mereka cukup positif dan mereka cukup bersemangat mengetahui hal tersebut.

“Tim Formula E yang di sini cukup bangga dengan perkembangan karena hampir tiap hari kita tek-tokan. Mereka tahu, wah kok sudah sampai di sana. Macam-macamlah (tanggapannya), mereka cukup excited, cukup positif,” ungkapnya.

Selain itu, Dian menjelaskan terkait dengan persiapan Formula E sudah sesuai jalur. Semua telah berjalan sesuai dengan kalender yang sudah dijadwalkan oleh tim Formula E yang ada di London. Dua minggu yang lalu mereka datang ke Jakarta dan melihat bagaimana persiapan di Indonesia.

“Dan mereka puas dengan apa yang sudah kami lakukan. Dan semuanya excited untuk bagaimana pelaksanaan tanggal 6 Juni tahun depan, tahun 2020 ini bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Formula E telah mengumumkan masuknya sirkuit Jakarta E-Prix pada seri kejuaraan ABB Formula E Championship musim 2019/2020. Kejuaraan tersebut rencananya akan diselenggarakan pada Juni tahun 2020. Kejuaraan balap dengan kendaraan elektrik single-seater ini akan diadakan di jantung Ibu Kota Indonesia, tepatnya di area Monumen Nasional.

Anies menyampaikan, ajang bergengsi internasional Formula E yang telah digelar di empat benua ini sejalan dengan visi transportasi Jakarta. Kejuaraan yang akan digelar tersebut menggunakan transportasi bebas emisi.

Sehingga berdampak kepada lingkungan serta gaya hidup masyarakat untuk menggunakan transportasi yang berbasis energi dan berkelanjutan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement