Senin 11 Nov 2019 11:16 WIB

Ini Asal-usul Presiden Dipanggil Jokowi

Julukan Jokowi muncul gara-gara seorang Prancis bernama Bernard Chene.

Joko Widodo
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengungkap asal mula nama panggilan "Jokowi" melalui akun media sosialnya, Twitter dan Instagram. Twitter @jokowi dan Instagram, Senin (11/11), menyebutkan nama panggilan "Jokowi" tidak melekat dari kecil.

"Nama saya Joko Widodo, dipanggil Jokowi. Dan nama panggilan ini melekat bukanlah dari saya kecil, tapi semenjak mengenal Bernard Chene. Orang Prancis," cicit Presiden Jokowi.

Baca Juga

Ia kemudian mengajak warganet untuk menyimak kisahnya melalui video berdurasi sekitar beberapa menit. Video tersebut berisi penjelasan Bernard Chene tentang asal mula nama panggilan Jokowi.

Bernard Chene mengisahkan asal nama panggilan Jokowi dalam bahasa Inggris. Video itu juga dilengkapi dengan teks berbahasa Indonesia.

Teks diawali dengan pertanyaan. Katanya panggilan "Jokowi" Anda yang buat. Apa cerita di baliknya?

Kemudian Bernard menjawab pertanyaan itu. Alasannya sangat sederhana. Di Prancis, kami terbiasa punya nama panggilan singkat.

Menurut dia, nama Joko Widodo terlalu panjang buat mereka.

"Kemudian saya tanya ke beliau. Kalau tidak keberatan, boleh saya panggil Jokowi saja? Dan begitulah awal ceritanya," katanya.

Setelah itu kembali muncul teks pertanyaan. Bagaimana perasaan Anda ketika nama panggilan Jokowi jadi dipakai semua orang?

Bernard menyebutkan nama itu awalnya hanya di antara dirinya dan dia (Jokowi). Sekarang, semua orang memanggilnya dengan nama itu.

"Ya mungkin sedikit senang sih karena kan saya yang membuatnya. Bagus!" katanya.

Sementara itu mengenai definisi nama Jokowi dalam tiga kata, Bernard menyebutkan dapat diandalkan, dapat dipercaya, dan sangat pintar. "Itu tiga kata untuk Jokowi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement