Jumat 15 Nov 2019 06:33 WIB

Disdukcapil Banjarmasin Kembali Kehabisan Blanko KTP-El

Pembuatan KTP-el warga yang baru diberikan dalam bentuk Surat Keterangan.

 KTP Elektronik atau e-KTP
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
KTP Elektronik atau e-KTP

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin Khairul Saleh mengatakan, pihaknya kembali kehabisan blanko pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). "Kehabisan betul sih tidak, tapi tinggal beberapa saja lagi, hanya dikeluarkan kalau betul-betul penting," ujarnya di Banjarmasin.

Menurut dia, kehabisan stok blanko KTP-el ini baru beberapa hari ini. Karenanya pembuatan KTP-el warga yang baru ini diberikan bentuk Surat Keterangan (Suket).

Baca Juga

Namun ada ditinggalkan beberapa untuk memenuhi kebutuhan yang urgensi, namun jumlahnya hanya hitungan jari. "Kita sampaikan dan sekalian mau cek juga nanti di pemerintahan provinsi, siapa tahu ada," ucapnya.

Khairul mengatakan, Kementerian Dalam Negeri pastinya mengetahui akan kurangnya stok blanko KTP-el di daerah. Termasuk di Banjarmasin, karena data masuk ke sana. "Tentunya Kemendagri menghitung keperluan per daerah, nantinya ada lagi blanko di kirim," ujarnya.

Menurut dia, blanko KTP-el yang cukup banyak hingga 15 ribu dikeluarkan pihaknya tahun ini menjelang Pemilu 2019, karena banyak pemilih pemula. "Belum lagi yang buat pindah atau rusak, hingga blanko cepat habis," ujarnya.

Dia mengakui, saat ini sekitar seribu KTP-el belum tercetak karena ketiadaan blanko ini. Sehingga pihaknya mengharapkan masyarakat tetap sabar. "Yang pasti Suket identitas diri itu sana saja fungsinya, karena yang penting itu masyarakat sudah lakukan perekaman data hingga sidik jari," ujarnya.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement