Selasa 05 Nov 2019 23:24 WIB

Puluhan Pelajar di Kota Depok Ikuti Workshop Menulis

Pelajar yang mengikuti workshop tampak bersemangat dan antusias menulis.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
  Ribuan pelajar menuliskan ayat suci Alquran saat pembukaan
Ribuan pelajar menuliskan ayat suci Alquran saat pembukaan "Islamic Book Fair 2014" di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (28/2).(Republika/ Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kota Depok menggelar acara Festival Literasi Kota Depok. Salah satu rangkaian acaranya yakni mengadakan workshop Pelajar Depok Menulis. Sebanyak 25 pelajar di Kota Depok mengikuti workshop yang diadakan untuk memacu dan menuangkan karya para pelajar dalam bentuk tulisan.

Menurut Ketua Panitia Festival Literasi Depok, Baldan Fathullah, para pelajar ini berasal dari berbagai SMA di Kota Depok. "Para peserta sangat antusias dan semangat dalam menuangkan gagasannya usai diberikan berbagai materi terkait teknik penulisan yang bagus hingga pencarian tema dalam menulis," kata Baldan dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (5/11).

Dia menambahkan, sebagian besar peserta pelajar yang mengikuti kegiatan tersebut masih harus banyak belajar cara menulis yang baik dan benar. "Memang hasil tulisannya masih harus terus diasah dan dilatih. Namun paling tidak mereka sudah mencoba untuk memulai menulis," terang Baldan.

Menurut Baldan, kegiatan tersebut diadakan guna membangun solidaritas antar pelajar di Kota Depok. "Tentu saja agar saling mengenali potensi sehingga bisa bersama-sama mewujudkan Kota Depok yang cerdas literasi. Semoga kegiatan ini menjadi pintu awal bagi mereka untuk menerbitkan karya-karya selanjutnya, kami yakin mereka mampu mewujudkan hal itu," tuturnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengapresiasi adanya workshop Pelajar Depok Menulis dari Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kota Depok. Sebab hal ini selaras dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 1 tahun 2018 tentang Pembudayaan Gemar Membaca.

"Mudah-mudahan virus literasi seperti ini bisa menyebar ke semua lini masyarakat. Agar lebih tinggi lagi minat literasi warga di Kota Depok," harapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement