Selasa 05 Nov 2019 15:47 WIB

Pemkot Bandung Gratiskan Layanan Angkut Sampah Besar

Diharapkan tidak ada warga yang membuang sampah kasur ke sungai.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Gita Amanda
Tumpukan sampah (Ilustrasi)
Foto: Youtube
Tumpukan sampah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan menggratiskan layanan pengangkutan sampah besar hingga Desember 2019. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi warga membuang sampah besar ke sungai-sungai di Kota Bandung.

"Di sungai kadang kita temukan banyak yang membuang sampah besar, sampah bukan rumah tangga. Barang-barang yang tidak dibuang ke TPA seperti kasur, sofa kadang ditemukan dibuang ke sungai," ujar Pjs Direktur Utama PD Kebersihan, Gungun Saftari saat dihubungi, Selasa (5/11).

Baca Juga

Dengan melihat itu, ia berupaya meminimalisasi hal tersebut dengan membuka layanan pengangkutan sampah besar. Sehingga diharapkan tidak ada warga yang membuang sampah kasur ke sungai. Sebab dampaknya bisa membuat banjir.

Terlebih, ia mengungkapkan saat ini sudah memasuki musim hujan. Bagi masyarakat katanya bisa menghubungi langsung PD Kebersihan agar bisa dilakukan pengangkutan. Katanya, program tersebut sudah berjalan sudah satu tahun terakhir.

"Sudah banyak yang memanfaatkan layanan tiap minggu ada. Volume (yang diangkut) fluktuasi dari pengalaman, nggak banyak. Paling satu dua terbanyak minta diangkut kasur, kedua furniture," katanya.

Menurutnya, warga bisa langsung membawa sampah besar ke kantor wilayah PD Kebersihan. Namun bisa juga diangkut ke lokasi rumah dengan jadwal yang disepakati. Sebab disesuaikan dengan jadwal pengangkutan harian.

PD Kebersihan Kota Bandung telah menyediakan delapan lokasi untuk menampung sampah besar. Lokasi-lokasi tersebut di Jalan Sadang Serang No 10, Jalan Pasir Impun No.48, Jalan Sekelimus Barat No. 10, Jalan Cicukang No. 12, Jalan Raya Cibatu No. 1, Gang Kini No. 12 Pajajaran, Jalan Babakan Sari No. 64, dan Jln. Jalan Surapati No. 126.

Lokasi-lokasi tersebut menerima sampah-sampah besar sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB setiap harinya. Bagi warga yang akan membuang sampah besar dalam jumlah banyak bisa menghubungi nomor 022-7207889. Petugas akan mengambil sampah-sampah tersebut. Warga bisa menghubungi pada Senin sampai Jumat mulai pukul 07.30 WIB hingga 16.00 WIB.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement