Senin 04 Nov 2019 16:34 WIB

Dua Situ di Kota Depok Diserang Eceng Gondok

Hampir seluruh permukaan dua situ itu ditutupi eceng gondok.

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Muhammad Hafil
Situ Pengarengan, Sukmajaya, Kota Depok permukaan airnya tertutup tanaman eceng gondok.
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Situ Pengarengan, Sukmajaya, Kota Depok permukaan airnya tertutup tanaman eceng gondok.

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Dua situ di Kota Depok yakni Situ Bojongsari di Kecamatan Bojongsari dan Situ Pengarengan di Kecamatan Sukmajaya diserang tanaman eceng gondok (gulma). Permukaan air ditutupi eceng gondok di kedua situ tersebut.

Hal ini sudah berlangsung sejak awal September 2019 lalu dan hingga kini belum ada tindakan pembersihan yang dilakukan pihak Balai Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BWSCC) yang bertanggungjawab dengan perawatan situ dan juga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok.

Baca Juga

"Situ Bojongsari dan Situ Pengarengan hampir semuanya tertutup tanaman liar eceng gondok. Harus segera dibersihkan oleh pihak terkait, karena menyumbat aliran air serta terlihat kotor tak terawat," ujar Ketua Harian Satgas Pemantau Pembangunan dan Perijinan Kota Depok (SP3D), Desfandri, Senin (4/11).

Dia menambahkan, penangganan eceng gondok harus terus menerus dilakukan dan itu bagian dari perawatan situ. Pembersihan eceng gondok mampu mengembalikan fungsi situ sebagaimana mestinya. Sehingga diharapkan debit air yang masuk bisa tertampung dengan maksimal.

"Jangan dibiarkan sampai tertutup eceng gondok seharusnya ada perhatian serius. Apalagi sudah memasuki musim hujan, keberadaan situ dapat menampung air untuk mencegah banjir," tutur Desfandri.

Menurut Desfandri, Dinas PUPR Kota Depok jangan tutup mata dan tak peduli dengan kondisi ini situ-situ yang permukaan airnya tertutup eceng gondok.

"Jangan saling lempar tanggungjawab, walaupun keberadaan situ-situ itu tanggungjawab pemerintah pusat melalui BWSCC, namun untuk kepentingan bersama Dinas PUPR Kota Depok harus peduli dan ikut bertindak membersihkan dan merawat situ-situ yang ada di Kota Depok," tuturnya.

Kepala Dinas PUPR Kota Depok Dadan Ruswandi, mengatakan akan segera membersihkan eceng gondok yang telah menutupi seluruh permukaan air di Situ Bojongsari dan Situ Pengarengan. "Kami sudah berkordinasi dengan BWSCC dan akan segera membersihkan kedua situ dari tanaman eceng gondok. Saat ini kami sedang persiapkan alat berat," jelasnya.

Dadan mengutarakan, pihaknya juga sudah mempersiapkan Satuan Tugas (Satgas) Banjir Dinas PUPR Kota Depok untuk membersihkan Situ Bojongsari dan Situ Pengarengan yang tertutup tumbuhan eceng gondok. "Sambil menunggu alat berat, untuk sementara pembersihan gulma dilakukan secara manual. Kami kerahkan dua regu Satgas Banjir Dinas PUPR Kota Depok untuk membersihkan Situ Bojongsari dan Situ Pengarengan. Satu regu terdiri dari 10 orang," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement