Senin 04 Nov 2019 13:42 WIB

Masyarakat NTT Diminta Waspadai Penyakit Pancaroba

Ada tiga jenis penyakit yang mengancam tiap pancaroba tiba.

Fatwa mendatangkan hujan (ilustrasi)
Foto: republika
Fatwa mendatangkan hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Dominikus Mere mengingatkan masyarakat mewaspadai tiga jenis penyakit pada musim pancaroba. Ketiga jenis penyakit yang biasa terjadi pada musim peralihan itu adalah diare, malaria dan infeksi saluran pernapasan (ISPA).

Ia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan penyakit musim peralihan atau pancaroba, dan apa yang harus dilakukan masyarakat untuk menghindarinya. "Wilayah NTT saat ini akan memasuki akhir musim kemarau. Jenis penyakit yang harus diwaspadai pada akhir musim kemarau ini adalah penyakit diare, ISPA, malaria," katanya, Senin (4/11).

Baca Juga

Menurut mantan Sekda Ende ini, jenis penyakit ini termasuk dalam kelompok penyakit yang berbasis lingkungan. Karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk menjaga keberhasilan lingkungan, agar tidak menjadi tempat berkembangnya jenis penyakit ini.

"Hal penting yang harus dilakukan adalah menjaga lingkungan tetap bersih. Jangan biarkan sampah menumpuk ataupun benda-benda yang bisa menjadi tempat berkembangnya nyamuk," katanya.

Dia meyakini, jika lingkungan masyarakat seperti selokan air, bak mandi yang bersih dan jauh dari sampah-sampah, maka bisa terhindari dari penyakit ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement