Senin 04 Nov 2019 02:50 WIB

Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kebumen

Ada 154 peserta Pilkades yang akan bersaing.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Muhammad Hafil
Pemilihan kepala desa/pilkades (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Pemilihan kepala desa/pilkades (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,KEBUMEN -- Jajaran Kepolisian Resor Kebumen, bersiap menghadapi pelaksanakan pilkades serentak yang dijadwalkan akan berlangsung Selasa (5/11). Untuk itu, pihak kepolisian melakukan gelar pasukan di halaman Kantor Polres setempat, Sabtu (2/11).

''Dalam pengamanan pilkades kali ini, dari Polres mengerahkan 320 personel. Jumlah ini masih ditambah personil dari Satuan Brimob Kutoarjo, Dalmas Resor Purworejo, Dalmas Resor Cilacap dan Dalmas Resor Banyumas,'' jelasnya. Dia juga menyebutkan, personil kepolisian ini akan dibantu anggota TNI, Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Baca Juga

Sedangkan gelar pasukan yang digelar, menurut Kapolres, juga sebagai penanda dilakukannya pergeseran pasukan ke desa-desa yang akan menyelenggarakan pilkades. ''Personil yang terlibat dalam pengamanan pilkades ini, akan ditempatkan di 54 desa di 21 kecamatan yang melaksanakan pilkades,'' jelasnya.

Mengenai jumlah calon kepala desa yang akan bersaing memperebutkan dukungan suara, Kapolres menyebutkan, dari data yang dia terima ada sebanyak 154 calon kepala desa yang berlaga. Dari jumlah itu, sebanyak 23 calon merupakan calon petahana.

Dia juga menyebutkan, situasi keamanan di 54 desa yang akan menyelenggarakan pilkades, sejauh ini masih kondusif. Tidak ada desa yang masuk kategori rawan konflik. ''Semoga kondisi kondusif ini, tetap terjaga hingga pelaksanaan pilkades berakhir,'' katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement