Jumat 01 Nov 2019 15:00 WIB

Pemenang Pilkades di Bandung Didominasi Wajah Baru.

78 orang memenangkan pilkades.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil
Sebuan pilkades (ilustrasi)
Foto: Musiron/Republika
Sebuan pilkades (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung mengungkapkan para pemenang kepala desa (kades) terpilih dalam pemilihan kades serentak di 199 desa, Ahad (27/10) lalu didominasi oleh wajah baru. Sedangkan, pejawat kepala desa yang tidak berhasil menang mencapai 81 orang. 

Kepala DPMD Kabupaten Bandung, Tata Iriawan Sobandi mengatakan jumlah pejawat yang mengikuti kembali pemilihan kepala desa mencapai 159 orang. Di mana, 78 orang berhasil memenangkan kompetisi dan sisanya 81 orang harus mengalami kekalahan. 

Baca Juga

Sedangkan 40 desa lainnya yang melaksanakan kompetisi tersebut merupakan wajah-wajah baru dan tidak diikuti oleh pejawat. "Iya, yang (wajah) baru sebanyak 121 orang," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (1/11).

Dirinya mengungkapkan, selama pelaksanaan pemilihan kepala desa berlangsung kondusif dan tidak terjadi permasalahan besar. Namun ia mengaku tidak berani mengklaim jika penyelenggaraan dikategorikan sukses tanpa dampak. 

"Sukses itu bukan kata kami tapi semua pihak," katanya. Ia mengaku tidak menampik ada pihak yang tidakpuas terhadap penghitungan hasil suara. Oleh karena itu, dirinya mempersilahkan bagi pihak-pihak yang akan menggugat melalui pengawas kecamatan atau ke PTUN.

Tata mengatakan tahapan pemilihan kepala desa (pilkades) tetap akan berjalan sesuai jadwal. Meski terdapat gugatan terhadap hasil pemilihan. Dirinya menambahkan, keikutsertaan pemilih di Kabupaten Bandung baru mencapai 75.7 persen atau 1.230.923 pemilih dari total daftar pemilih tetap mencapai 1.6 juta lebih.

"Jumlah suara sah mencapai 1,23 juta dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebesar 1,63 juta," ujarnya. Dirinya mengaku diberikan waktu tujuh hari untuk menyelesa8kan semua perhitungan, rapat pleno dan menyerahkan hasil ke BPD masing-masing hingga penetapan pemenang dan pelantikan 29 November mendatang.

Salah seorang pejawat kepala desa Cukanggenteng, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Hilman Yusuf mengaku kalah dalam kontestasi pemilihan kepala desa serentak. Dirinya mengaku kalah oleh saingannya Rosiman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement