Kamis 31 Oct 2019 23:19 WIB

Menkes Lepas 363 Tenaga Kesehatan ke Daerah 3T

Perlu mengedukasi masyarakat agar bisa hidup sehat dan terhindar dari penyakit.

 dr Terawan Agus Putranto.
Foto: Republika/Erik PP
dr Terawan Agus Putranto.

REPUBLIKA.CO.ID,AKARTA -- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melepas 363 tenaga kesehatan yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat maupun Nusantara Sehat Individu ke daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di seluruh Indonesia. Menkes Terawan memimpin upacara pelepasan Nusantara Sehat yang terdiri atas 306 orang tergabung dalam tim dan 57 tenaga kesehatan individu di Kementerian Kesehatan Jakarta, Kamis (31/10) petang.

Tenaga kesehatan tersebut terdiri atas dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, tenaga farmasi, ahli laboratorium, tenaga gizi, tenaga kesehatan lingkungan, dan tenaga kesehatan masyarakat. Sebanyak 363 orang Nusantara Sehat tersebut akan disebar ke 14 lokasi di seluruh Indonesia.

Baca Juga

Menteri Kesehatan Terawan berpesan kepada anak-anak muda yang mengikuti Program Nusantara Sehat agar bisa memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat di daerah yang membutuhkan. Selain itu, Menkes Terawan juga meminta kepada peserta Nusantara Sehat agar tidak hanya memberikan pengobatan melainkan mengedukasi masyarakat agar bisa hidup sehat dan terhindar dari penyakit.

Ia juga menitipkan program prioritas nasional yaitu penurunan angka kekerdilan kepada para tenaga kesehatan yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat. "Terus komunikasikan, edukasi masyarakat supaya terus sehat. Bersama-sama kita entaskan'stunting' (kekerdilan), kalau bisa stunting di wilayah masing-masing bisa diturunkan di bawah ambang batas yang ditetapkan WHO, yaitu 20 persen. Ini bukan tugas berat tapi tugas mulia yang diberikan pada kita untuk bantu mengentaskan stunting dari masyarakat kita," kata dia.

 

Tim Nusantara Sehat juga diminta untuk berkolaborasi dengan aparat dan tenaga kesehatan yang ada di daerah guna tercapainya penurunan angka kekerdilan. Ia mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan akan terus memberikan dukungan kepada Tim Nusantara Sehat agar bisa melaksanakan tugasnya dengan optimal.

Sepanjang 2019, Kementerian Kesehatan telah mengirimkan 990 tenaga kesehatan yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat ke berbagai daerah di Indonesia. Kemenkes mengirimkan 282 tenaga kesehatan pada Mei, 402 orang pada September, dan 306 tenaga kesehatan pada November 2019.

Peserta Nusantara Sehat sebelumnya diberikan pelatihan di bawah bimbingan TNI. Latihan ini sebagai persiapan fisik dan mental saat dikirim ke berbagai daerah dengan beragam tantangan yang akan dihadapi.

 

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement