Kamis 31 Oct 2019 20:35 WIB

BNPB Siap Hadapi Banjir dengan Anggaran Rp 850 Miliar

Anggaran tersebut dipakai jika terjadi bencana di Indonesia.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Andi Nur Aminah
Plh Kapusdatin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo
Foto: Republika TV/Muhamad Rifani Wibisono
Plh Kapusdatin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menyebut sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 850 miliar untuk mengantisipasi bencana banjir yang terjadi di berbagai daerah.

"BNPB sudah menyiapkan anggaran untuk akhir tahun untuk mendukung operasi penanggulangan bencana. Kami siapkan Rp 850 miliar untuk sisa tahun ini," kata Agus di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Kamis (31/10).

Baca Juga

Kemudian, kata dia, anggaran tersebut dipakai jika terjadi bencana banjir di Indonesia. Apalagi di daerah-daerah yang susah diakses pasti membutuhkan bantuan operasi penanggulangan bencana dengan anggaran tersebut.

Agus mengaku akan menyiapkan Satuan Petugas (Satgas) untuk membantu jika di suatu daerah terjadi bencana. Lalu, Agus menambahkan Pemerintah Daerah harus aktif karena BNPB hanya sebagai pendukung. "Kalau butuh dana kami siapkan bantuan logistik, keuangan, peralatan dari Rp 850 miliar itu," kata dia.

Menurutnya, anggaran tersebut cukup untuk semua daerah di Indonesia karena tidak semua daerah rawan banjir, seperti ada beberapa daerah Jawa dan Kalimantan. "Ya saya kira anggaran Rp 850 miliar cukup," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement