Selasa 29 Oct 2019 02:58 WIB

Milad Bang Japar, Anies Ingin Terus Bersinergi

Dua tahun ini Bang Japar dinilai terus menggeliat berkontribusi kepada warga Jakarta.

Rep: Ferbryan. A/ Red: Gita Amanda
Ketua Umum Bang Japar Fahira Idris memberikan sambutan pada acara apel akbar pelantkan ormas dan LBH Bang Japar di Jakarta, Ahad (13/8).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum Bang Japar Fahira Idris memberikan sambutan pada acara apel akbar pelantkan ormas dan LBH Bang Japar di Jakarta, Ahad (13/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) menggelar syukuran untuk memperingati miladnya yang ke-2 di Gelanggang Remaja Sunter, Jakarta Utara, Ahad (27/10). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang menghadiri syukuran tersebut, berharap kerja sama terus dilakukan antara Bang Japar dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

"Ke depan kerja sama yang baik kita jaga, kita tingkatkan dan kita perbanyak. Saya salut kepada Bang Japar yang terus mendampingi warga. Karena di Jakarta kita mau hadirkan keadilan dan terus membela yang termarjinalkan,” kata Anies sebagaimana dikutip dari siaran pers Bang Japar yang diterima Republika.co.id, Senin (28/10) lalu.

Baca Juga

Ketua Umum Ormas Bang Japar, Fahira Idris, menuturkan, lahirnya Bang Japar tidak bisa dilepaskan dari konstestasi Pilkada DKI Jakarta 2017 dan Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Sebab, Bang Japar awalnya diperuntukkan sebagai organ relawan Anies-Sandi guna mengawal kemenangannya di putaran kedua.

Fahira mengaku bersyukur lantaran upaya mereka mengawal Anies-Sandi kini telah membuahkan hasil. Jakarta, kata dia, sudah menjadi lebih baik, maju, dan manusiawi.

"Kami di Bang Japar juga merasa lega karena selama dua tahun Pak Anies telah membawa Kota Jakarta ke jalur yang benar. Kami juga bersyukur, sebagai sebuah ormas, dua tahun ini Bang Japar terus menggeliat berkontribusi kepada warga Jakarta,” ujar Fahira Idris yang juga Anggota DPD RI DKI Jakarta itu.

Fahira mengatakan, meski tujuan awal Bang Japar adalah menjaga Pilkada agar berlangsung demokratis, jujur, dan adil, tapi kini ormas tersebut telah bertransformasi. Yakni menjadi ormas yang fokus memberikan manfaat bagi umat.

Bang Japar, sambug dia, menunjukkan hal itu dengan memberikan bantuan hukum pada masyarakat lewat LBH Bang Japar. Terakhir, LBH Bang Japar ikut memberikan pendampingan bagi masyarakat yang kehilangan anggota keluarganya saat unjuk rasa penolakan RUU KPK pada September lalu.

Bang Japar, lanjut Fahira, juga aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat lewat program Jaga Kampung. Program ini juga ditujukan untuk menginisiasi Kampung Anti Narkoba dan Kampung Anti Miras. "Bang Japar juga turut menyosialisasikan berbagai program dan kegiatan Pemprov DKI Jakarta," ujar Fahira.

Di bidang budaya, Bang Japar juga turut serta melestarikan kebudayaan Betawi dengan melakukan pembinaan pencak silat, kuliner Betawi dan pertunjukan lenong. "Namun dari itu semua, Bang Japar tetap berkomitmen sebagai organisasi yang mandiri. Salah satunya dengan memiliki unit-unit usaha yang memberdayakan anggota dan warga," ucapnya.

Berkat kerja keras selama dua tahun terakhir, kata Fahira, kini Bang Japar sudah mengembangkan sayap hingga ke luar DKI Jakarta. Cabang Bang Japar kini telah hadir di Tangerang, Tangerang Selatan, Depok, Bandung Raya, dan Bekasi Raya. Juga ada di Sumedang, Solo Raya, Bogor Raya, Banten Raya, Sumatera Selatan, Cirebon dan wilayah lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement