Jumat 25 Oct 2019 04:40 WIB

Polda Jabar Siagakan Satgas Bencana Jelang Musim Hujan

Polda Jabar dibantu BPBD menyiapkan satgas untuk antisipasi bencan alam

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
Polda Jabar dibantu BPBD menyiapkan satgas untuk antisipasi bencan alam
Polda Jabar dibantu BPBD menyiapkan satgas untuk antisipasi bencan alam

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah pihak mulai mengantisipasi potensi bencana pada musim penghujan. Salah satunya Polda Jawa Barat yang menyiagakan Satgas Kebencanaan. 

"Polda Jawa Barat memiliki satuan, baik itu Sabhara dan juga dari Brimob. Nantinya bergabung BPBD untuk mengantisipasi bencana alam," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis (24/10).

AYO BACA : Tangkuban Parahu Dinyatakan Aman untuk Wisatawan

Truno mengatakan setiap memasuki musim penghujan, wilayah Jawa Barat kerap terjadi bencana alam. Hal tersebut diketahui setelah berkaca pada tahun-tahun sebelumnya. 

Bencana alam yang sering terjadi, kata dia, berupa banjir dan tanah longsor lantaran kondisi geografis Jawa Barat yang tidak rata.

AYO BACA : Penanganan Bencana di Indonesia Butuh Multilateralisme

"Kerawanan bencana di Jawa Barat tanah longsor dan juga banjir karena letak geografisnya. Ini tentunya menjadi perhatian bersama," kata Truno.

Dia menambahkan terkait dengan kelengkapan peralatan dan kesiapan personel, seluruhnya sudah disiagakan. Dalam pelaksanaannya mereka akan bergabung dengan unsur terkait, di antaranya TNI dan BPBD.

"Perlengkapan dan peralatan Sabhara serta personel dan kompetensinya sudah siap, dan sudah di bentuk satuan unit kerja," ungkapnya.

AYO BACA : BNPB Kumpulkan Data Sejarah Kebencanaan Indonesia di Belanda

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement