Ahad 20 Oct 2019 16:52 WIB

Jokowi Targetkan Indonesia Masuk Lima Besar Ekonomi Dunia

Jokowi menyampaikan target yang ingin dicapai pada lima tahun pemerintahan mendatang.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo mengucapkan sumpah saat dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10/2019).
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo mengucapkan sumpah saat dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Joko Widodo (Jokowi) resmi dilantik sebagai presiden RI periode 2019-2024, Ahad (20/10) sore ini. Dalam pidato pelantikannya, Jokowi sempat menyampaikan target-target jangka pendek dan jangka panjang pembangunan nasional. Salah satunya adalah mimpi untuk menjadikan Indonesia masuk dalam lima besar ekonomi dunia pada 2045 mendatang.

Tepat 100 tahun kemerdekaan nanti, Jokowi yakin Indonesia telah keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah. Indonesia juga diyakini naik kelas sebagai negara maju pada 2045, dengan pendapatan Rp 320 juta per kapita per tahun atau Rp 27 juta per kapita per bulan.

Baca Juga

"Itulah target kita bersama. Mimpi kita di tahun 2045, Produk Domestik Bruto Indonesia mencapai 7 triliun dolar AS. Indonesia sudah masuk lima besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati nol persen. Kita harus menuju ke sana," ujar Jokowi membuka pidato pelantikannya, Ahad (20/10).

Jokowi yakin target tersebut bisa dicapai lantaran bukan berdasarkan hitung-hitungan kosong. Ia menyampaikan, target untuk menjadi lima besar ekonomi dunia sangat masuk akal. Hanya saja, menurutnya, memang diperlukan kerja keras untuk mencapainya.

"Dalam dunia yang penuh risiko, yang sangat dinamis, dan yang (sangat) kompetitif, kita harus terus mengembangkan cara-cara baru, nilai-nilai baru. Jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas yang monoton. Harusnya inovasi bukan hanya pengetahuan. Inovasi adalah budaya," katanya.

Jokowi resmi dilantik sebagai presiden bersama Maruf Amin sebagai wakil presiden. Rencananya pada Senin (21/10) pagi besok, Jokowi akan mengenalkan menteri-menteri pilihannya yang akan membantu kinerjanya hingga lima tahun ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement