Sabtu 19 Oct 2019 23:32 WIB

Jawab Tantangan Zaman, Ini Nasihat Wagub Uu untuk Pemuda

Generasi muda memiliki prinsip 3K untuk menjawab tantangan zaman

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat diwawancara wartawan di Kota Tasikmalaya, Ahad (6/10).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat diwawancara wartawan di Kota Tasikmalaya, Ahad (6/10).

KARAWANG, AYOBANDUNG.COM  Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengimbau generasi muda memiliki prinsip 3K untuk bertahan dan menjawab tantangan zaman.

"Kahayang (cita- cita), Kadaek (kemauan), dan Kawani (keberanian)," kata Uu, saat menghadiri Seminar Tilawah untuk Mahasiswa, di Masjid Al- Khoir, Universitas Singaperbangsa, Karawang, Jumat (18/10/2019).

Uu pun memotivasi para mahasiswa agar merancang kehidupan masa depan sejak muda. Apalagi, kata Uu, generasi muda saat ini dihadapkan dengan era serbacepat.

Ke depan, era industri akan terus berkembang dan menuntut sumber daya manusia yang lebih berdaya saing.

Uu berujar, kesuksesan tidak hanya diraih oleh kecerdasan semata, tapi pemuda harus memiliki kemauan, keinginan, dan keberanian yang kuat.

"Pemuda tidak hanya sekadar kuliah saja. Perlu berorganisasi, aktif, kreatif, untuk membangun kompetensi sendiri," ujarnya.

Uu menambahkan, pemuda juga harus bisa mengembangkan diri dengan berbagai aktivitas positif, misalnya mengembangkan kegemaran, mengikuti kegiatan keagamaan, dan ikut berbagai kepanitiaan dan organisasi di kampus.

"Intinya, setiap pemuda harus memiliki kahayang, yaitu keinginan yang kuat. Anak muda juga perlu kadaek, yaitu kemauan. Kalau tidak ada kemauan, ya, tidak jalan. Setidaknya harus mau dulu," kata Uu.

"Ketiga, kawani yaitu keberanian, supaya membentuk diri dalam melatih dan mempersiapkan masa depan sebagai generasi pelanjut," tutupnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement