Kamis 17 Oct 2019 14:08 WIB

Kampung Akuarium Dibangun Tahun 2020

Pembangunan Kampung Akuarium akan dilakukan jika semuanya sudah lengkap

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Esthi Maharani
Susana Kampung Aquarium di Penjaringan, Jakarta Utara. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Susana Kampung Aquarium di Penjaringan, Jakarta Utara. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera membangun kembali Kampung Aquarium di Jakarta Utara jika semua persiapan sudah lengkap. Kampung Aquarium yang berlokasi di RT 01 dan RT 12 di RW 004, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Lokasi tersebut merupakan wilayah yang digusur oleh Pemerintah Provinsi DKI pada tahun 2016.

"Saya umumkan pembangunan Kampung Aquarium di Jakarta Utara akan dilakukan jika semuanya sudah lengkap," Kata Anies saat jumpa pers pada Selasa lalu, (15/10).

Ia tidak merincikan persiapan yang kurang dalam pembangunan kembali kampung itu. Namun direncanakan kampung itu dibangun tahun 2020 dengan konsep kampung susun bahari akuarium.

"Pada saat rancangannya selesai, kita akan luncurkan kepada publik dengan menghadirkan rancangan hingga miniatur bangunan," ucap Anies.

Anies menjelaskan, rancangan Kampung Aquarium yang nantinya dibuat, akan melibatkan masyarakat. "Rancangannya juga disesuaikan dengan tata aturan yang ada serta kebutuhan kampung masa kini dan masa depan," ujarnya.

Pemprov DKI dalam pembangunan tersebut, akan meluncurkan perencanaan untuk kawasan sekitar Kampung Aquarium. Hal tersebut termasuk penataan sekaligus integrasi bersama kawasan-kawasan cagar budaya di sekitarnya. Sementara itu, kawasan tersebut dengan status lokasi cagar budaya dan tempat paling tua akan menjadi pengembangan wisata budaya di Kota Jakarta.

Sebelumnya, pemukiman padat Kampung Aquarium telah digusur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada akhir tahun 2016. Alasan penggusuran karena kampung itu tidak sesuai untuk revitalisasi cagar budaya. Pemerintah DKI mengklaim warga di Kampung Aquarium berada di atas lahan yang berstatus milik PD Pasar Jaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement