Rabu 16 Oct 2019 14:10 WIB

Pemkab Jayawijaya Harap Palapa Ring Dorong Ekonomi Digital

Palapa Ring bisa dorong generasi muda Papua akses internet dengan maksimal.

Rep: Noer Qomariah/ Red: Indira Rezkisari
Presiden Joko Widodo (kanan) memberi sambutan saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019).
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kanan) memberi sambutan saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Proyek Palapa Ring telah tersambung secara keseluruhan, yakni Paket Barat, Paket Tengah, dan Paket Timur. Hal itu ditandai dengan diresmikannya Paket Timur oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (15/10).

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayawijaya Isak SF Sawaki mengatakan dengan rampungnya proyek yang termasuk dalam program Tol Langit, maka diharapkan dapat membantu ekonomi digital tumbuh dengan cepat di daerah-daerah yang selama ini kesusahan internet. Termasuk salah satunya di Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Baca Juga

"Sebelumnya akses internet biasanya di daerah kami, bagi teman-teman yang pernah ke Papua apalagi ke pedalaman, pernah datang ke pasar, itu mama-mama di pasar duduk-duduk dengan memegang handphone untuk order barang yang akan dijual," ujar Isak dalam acara Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 "Menghitung Dampak Palapa Ring" di Ruang Serba Guna, Gedung Utama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Jakarta.

Dengan hadirnya Palapa Ring Paket Timur, Isak percaya para generasi muda Papua dapat memanfaatkan akses internet dengan maksimal. Khususnya, Isak melanjutkan, mengembangkan ekonomi digital sehingga tidak semua pemuda Papua hanya ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS) setelah selesai kuliah.

Selain itu, Isak berharap mereka dapat memanfaatkan internet untuk usaha-usaha sendiri.

"Sekarang mulai nampak satu hingga dua bisnis online di sana. Harapan ke depannya itu bisa menjadi mata pencaharian utama. Pertumbuhan ekonomi digital makin pesat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement