Jumat 11 Oct 2019 21:19 WIB

KBRI Moskow Promosikan Kopi Indonesia

Ini rangkaian Festival Kopi Indonesia 2019.

Rep: Wachidah Handasah/ Red: Irwan Kelana
Suasana pelatihan specialty coffee Indonesia di Moskow.
Foto: Dok KBRI Moskow
Suasana pelatihan specialty coffee Indonesia di Moskow.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Dalam upaya mempromosikan kopi Indonesia di Rusia, KBRI Moskow bekerja sama dengan Tanamera Coffee Indonesia dan Cocar Coffee Rusia menyelenggarakan pelatihan specialty coffee Indonesia. Bertema ‘’Let’s Roast Indonesian Coffee’’, pelatihan itu digelar di Moskow, Jumat (11/10).   

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M Wahid Supriyadi. Hadir pula Direktur Pengolahan dan Pemasaran Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Dedi Junaedi.

Pada pelatihan ini dipresentasikan kopi Indonesia, terutama specialty coffee, coffee cupping, dan coffee roasting. Dengan demikian, para peserta yang merupakan perwakilan dari sejumlah perusahaan roasting, juga pemilik kedai kopi serta barista Rusia semakin mengenal beragam jenis specialty coffee Indonesia dan proses pengolahannya.

photo
Pada pelatihan ini dipresentasikan kopi Indonesia, terutama specialty coffee, coffee cupping, dan coffee roasting.

Adapun specialty coffee yang ditampilkan antara lain kopi Kerinci Natural, Central Java Honey, Toraja Semi Washed, Bali Semi Washed, Bali Full Washed, Gayo Natural, North Malabar, Gayo Semi Washed, Flores Bajawa Mama Nella Washed, dan Toraja Pulu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Festival Kopi Indonesia 2019 yang diselenggarakan  KBRI Moskow selama satu hari di Moskow. Seusai pelatihan, diselenggarakan business mixer dengan pelaku bisnis kopi Rusia.

Pada 2018, Indonesia merupakan pengekspor kopi terbesar ke-11 bagi Rusia dengan nilai transaksi mencapai 9,1 juta dolar AS dan volume sebesar 3.628 ton. n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement