Senin 30 Sep 2019 23:50 WIB

Benteng Rotterdam Makassar Jadi Wisata Edukatif

Pengunjung Benteng Rotterdam bisa mencapai ribuan orang jika ada kegiatan skala besar

Fort Rotterdam
Foto: Republika/Fernan Rahadi
Fort Rotterdam

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Benteng Rotterdam yang merupakan peninggalan bersejarah pada penjajahan Belandadi Makassar, Sulawesi Selatan, kini menjadi wisata edukatif bagi masyarakat.

"Pengujung di Benteng Rotterdam ini pada setiap akhir pekan rata-rata dia atas 500 orang bahkan bisa mencapai ribuan orang jika ada kegiatan skala besar seperti festival 'lipa sabbe (Sarung sutera) khas Sulsel," kata salah seorang pemandu wisatawanMadjid di Benteng Rotterdam Makassar, Senin (30/9).

Benteng Rotterdam yang kedua sisi bangunan kiri dan kanan terdapat museum peninggalan bersejarah itu, kata dia, pelataran kawasan benteng itu selalu dipenuhi dengan kelompok meeting bahasa asing, salah satunya kelompok EnglishMeeting Pioneer yang berdiri sejak tahun 1990-an.

"Kami senang ke Benteng Rotterdam setiap akhir pekan karena bisa mendampingi anak-anak kami ikut kelompok English Meeting untuk tingkat anak-anak, " kata salah seorang pengunjung lain Rahlina.

Menurut dia, Benteng Rotterdam pilihan yang paling cocok untuk wisata edukasi karena tempat ini dapat belajar bahasa asing melalui kelompok-bahasa yang memiliki mentor berpengalaman.

Selain itu, juga dapat melihat benda-benda prasejarah dan sejarah yang masih tersimpan dengan baik untuk menjadi bahan pengetahuan dan penelitian.

Sementara itu, salah seorang peserta kelompok English Meeting di Benteng Rotterdam Fadillah mengatakan, daripada menghabiskan waktu bermain dawai di rumah lebih baik mengisi akhir pekan dengan belajar bahasa asing sambil menikmati pemandangan di kawasan benteng peninggalan penjajah.

"Jadi setelah belajar, kita bisa bermain di taman di kawasan benteng dan juga menikmati aneka jajanan baik di kantin maupun dari pedagang keliling di sini," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement