Senin 16 Sep 2019 19:45 WIB

Aktivis HAM HS Dillon Meninggal Dunia

Usman menilai, HS Dillon merupakan sosok yang peduli pada kemajuan HAM Indonesia.

Rep: Dian Erika Nugraheny / Red: Teguh Firmansyah
HS Dillon
Foto: antara
HS Dillon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), HS Dillon, meninggal dunia, Senin (16/9) petang. Almarhum wafat di usia 74 tahun. Kabar wafatnya HS Dillon itu disampaikan Ketua Amnesty International Indonesia Usman Hamid.

"Telah pergi dengan damai orang tua, abang, sahabat kami HS Dillon, hari ini Senin 16 September pukul 18:27 WITA di RS Siloam Bali," kata Usman dalam pesan singkat yang diterima Republika.co.id, Senin malam.  

Baca Juga

Usman melanjutkan, saat ini keluarga masih berkumpul dan akan memutuskan apakah jenazah tokoh pengamat sosial ekonomi ini akan dibawa ke Jakarta. Usman mengenang, almarhum adalah sosok yang peduli pada kemajuan dan perlindungan HAM di Indonesia.  

"HS Dillon tidak pernah berhenti berpikir, selalu mengajak siapa pun untuk terus memikirkan kepentingan bangsa dalam semangat kemanusiaan yang melampaui sekat suku, agama, ras dan asal usul kebangsaan. Ia berkiprah lama di Komnas HAM termasuk dalam penyelidikan pelanggaran HAM berat di Timor Timur," ungkap Usman. 

Dia pun menuturkan, HS Dillon sering mempertanyakan mengapa pemerintah tidak kunjung mau menuntaskan agenda nasional yang sangat penting, yakni kasus pelanggaran HAM di masa lalu.

"Almarhum pun sangat kritis terhadap jalannya pembangunan yang tidak memperhatikan penghormatan HAM dan pelestarian alam. Selamat jalan Lali! Rest In Peace, " kata Usman.  

HS Dillon pernah menjadi staf menteri pertanian di era Orde Baru. Kemudian pernah menjadi anggota Komnas HAM, dan pernah tergabung dalam Tim Gabungan Tindak Pidana Pemberantasan Korupsi (TGTPPK) pada 2000-2001. Pada masa pemerintahan SBY, Dillon menjadi Utusan Khusus Presiden Bidang Penanggulangan Kemiskinan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement