Senin 16 Sep 2019 14:29 WIB

Khofifah Luncurkan Jatim Seger

Jatim Seger bertujuan untuk menggerakkan semua roda kehidupan di Jatim.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Gita Amanda
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beraktivitas di ruang kerjanya di kompleks Kantor Gubernur Jatim di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/2/2019).
Foto: Antara/Moch Asim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beraktivitas di ruang kerjanya di kompleks Kantor Gubernur Jatim di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/2/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Peringatan Hari Olah raga Nasional (Haornas) tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) 2019 dijadikan Momentum oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, untuk meluncurkan program Jatim Seger (Senang Gerak). Program ini bertujuan untuk menggerakkan semua roda kehidupan di Jatim. Bahkan Jatim Seger tersebut langsung diaplikasikan dengan melakukan Senam Laga bersama.

Khofifah berharap, melalui Jatim Seger, seluruh elemen masyarakat dapat bergerak ke arah kehidupan yang lebih baik di Jatim. Dimana, kata dia, masyarakat bisa terus bergerak dari satu kebaikan ke kebaikan lainnya, dan dari kemajuan yang satu ke kemajuan lainnya.

Baca Juga

“Kita ingin menandai Haornas ini dengan meluncurkan Jatim Seger, Jatim Senang Bergerak. Senang untuk kita semua, bahagia untuk kita semua, sejahtera untuk kita semua. Kita  bergerak untuk menggerakkan seluruh roda kemajuan di Jawa Timur,” kata Khofifah di lapangan Pendopo Ronggosukowati, Kabupaten Pamekasan, Senin (16/9).

Dijelaskannya, Jatim Seger terinspirasi dari sebuah iklan layanan masyarakat yang terdapat di salah satu televisi bertajuk “Isi Piringku dan Bergerak.” Iklan tersebut, kata Khofifah, memiliki tagline baru yang dulu dikenal dengan empat sehat lima sempurna. Tagline tersebut dinilai lebih kekinian dan bergantung pada makanan khas masing-masing daerah ditambahkan dengan aktivitas bergerak.

“Jadi isi piringku plus bergerak. Tidak hanya olah raga. Bisa bergerak jalan, di mana saja pokoknya bergerak. Jadi dimana saja, kapan saja kayak tema Haornas ini. Ayolah olahraga dimana saja kapan saja. Artinya mobilitas atau pergerakan itu penting,” ujar Khofifah.

Khofifah mengatakan, dalam mengaplikasikan Jatim Seger, harus terus menggerakkan atau menghijrahkan masyarakat dari yang miskin menjadi sejahtera. Pun dari yang tertinggal menjadi berkemajuan, dan dari yang kurang terdidik menjadi tercerdaskan.

“Kita juga harus menggerakkan atau  menghijrahkan anak-anak kita semua dari yang malas menjadi kerja keras,” kata Mantan Mensos RI di era Presiden Jokowi ini.

Pada kesempatan yang sama, Khofifah juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 5 kabupaten/ kota peduli olah raga. Kabupaten/ kota tersebut yakni Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Gresik.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah raga Provinsi Jatim Supratomo mengatakan, peringatan Haornas 2019 tingkat Jatim bertema “Ayo Olah raga Dimana Saja Kapan Saja." Acara dilaksanakan di Kabupaten Pamekasan karena sebagai wujud apresiasi atas prestasi dan semangat Pemkab Pamekasan dan masyarakat dalam menggerakkan olah raga. “Ini menjadi inspirasi untuk masyarakat Madura,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam kegiatan Pekan Olah raga Provinsi (Porprov) Jatim 2019, Kabupaten Pamekasan memperoleh medali tertinggi se-Madura. Juga Pamekasan memiliki indeks pembangunan manusia atau IPM tertinggi se-Madura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement