Kamis 12 Sep 2019 15:15 WIB

Habibie Hanya Mau Makan Masakan yang Disiapkan Ainun

Sosok Habibie dikenal begitu taat menjalankan puasa sunnah Senin Kamis.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ani Nursalikah
Bj Habibie dengan almarhum istrinya saat masih hidup, Ainun Habibie
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Bj Habibie dengan almarhum istrinya saat masih hidup, Ainun Habibie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan ajudan presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, TB Hasanuddin, menceritakan sosok Habibie yang begitu mencintai istrinya, Hasri Ainun Besari. Habibie dikenal hanya mau menyantap masakan yang dimasak atau disiapkan sendiri oleh sang istri.

"Dan Pak Habibie makan hanya yang dibawa dan dibuatkan ibu. Saya ngambil ke Patra (Kuningan), kemudian dibuka, dan kadang-kadang Pak Habibie ngajak saya makan. Dia secara egaliter, duduk ngobrol," ujar Hasanuddin di Kompleks TMP Kalibata, Kamis (12/9).

Baca Juga

Hasanuddin juga menceritakan sosok Habibie begitu taat menjalankan puasa sunnah Senin Kamis. Bahkan saat melakukan lawatan ke luar negeri pun, Habibie disebut tetap menjalankan puasa Senin Kamis.

"Shalat pun beliau tak pernah juga bolong. Beliau lakukan itu," katanya.

Sosok Ibu Ainun juga dikenal taat menjalankan ajaran Islam. Pernah suatu saat, ujar Hasanuddin, Ainun sedang mengejar target mengkhatamkan Alquran. Ainun terlihat menyempatkan diri membaca Alquran di sela olahraga hingga saat menunggu masakan matang. 

Sebagai ajudan, Hasanuddin mengaku mencatat seluruh kegiatan Habibie baik resmi kenegaraan atau tidak. Sepanjang bertugas sebagai ajudan Presiden ketiga RI tersebut, Hasanuddin mengaku telah menulis hingga 12 buku catatan ajudan.

"Sebagai ajudan, Pak Habibie berdiri saya catat, Pak Habibie duduk saya catat, Pak Habibie pergi saya catat. Selama beliau jadi wapres dan presiden kira-kira 16-18 bulan itu catatan ada di saya sekitar buku tebal itu ada 12. Catatan ajudan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement