Kamis 12 Sep 2019 10:54 WIB

Warga Datangi TMP Kalibata Jelang Pemakaman BJ Habibie

BJ Habibie menjadi figur yang memberikan inspirasi bagi warga Indonesia.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Friska Yolanda
Suasana prosesi militer jelang pemakaman Presidem ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie di TMP Kalibata, Kamis (12/9).
Foto: Republika/Mimi Kartika
Suasana prosesi militer jelang pemakaman Presidem ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie di TMP Kalibata, Kamis (12/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jenazah Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie akan disemayamkan di TMP Kalibata pada Kamis (12/9) pukul 13.00 WIB. Namun, sejumlah warga sudah tiba di TMP Kalibata untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mantan orang nomor satu di Indonesia itu.

Meski telah berpulang ke Sang Khalik, karya BJ Habibie akan selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya, Ida Selalita (48 tahun) yang datang jauh dari Bogor bersama putranya Valeroy (15). Ia sengaja menjemput anaknya itu dari sekolah untuk menghadiri prosesi pemakaman BJ Habibie.

Baca Juga

"Memberikan penghormatan terakhir, untuk mendoakan dari dekat, selagi bisa kenapa enggak, daripada jauh dari Bogor," ujar Ida kepada Republika.co.id, Kamis.

Ia sudah tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 09.00 WIB karena tak tahu pemakaman akan dilakukan siang. Akan tetapi, tak membuat Ida dan Valeroy turun semangat dan tetap menunggu hingga jenazah BJ Habibie istirahat dengan tenang.

Alasan yang membuat Ida datang langsung ke TMP Kalibata karena sosok Habibie yang berkesan bagi dirinya. Menurut dia, Habibie merupakan sosok atau figur tauladan bagi anak-anaknya.

Ia menjadikan BJ Habibie sebagai figur yang memberikan inspirasi untuk mengajarkan anak-anaknya. Ida ingin anak-anaknya bisa menjadikan BJ Habibie sebagai motivasi terus belajar.

"Belajar itu tidak hanya di sini, belajar bisa ke mana saja untuk mengasah kemampuan di bumi manapun saja, tapi enggak lupa sama Indonesia," kata Ida.

Selain itu, Ida juga mengaku mewakili orang tuanya terutama sang ayah. Ayahnya merupakan mantan karyawan PT PAL Indonesia, Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang industri galangan kapal, yang digagas dan dipimpin BJ Habibie.

Pada saat Ida kecil, ia sering diajak ayahnya untuk menghadiri acara yang juga didatangi BJ Habibie. Dari situ ia sering mendengar pidato-pidato bapak teknologi Indonesia itu, yang sampai sekarang masih membekas di hati dan ingatannya.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, TNI dan Paspampres tengah menyiapkan pemakaman BJ Habibie. Sekitar pukul 10.30 WIB, dilaksanakan gladi bersih prosesi pemakaman secara militer di dekat liang lahat. Para warga dan sejumlah awak media juga sudah berada di TMP Kalibata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement