Ahad 08 Sep 2019 03:13 WIB

Nelayan Terdampak Abrasi Pantai Indramayu

Nelayan Terdampak Abrasi Pantai Indramayu

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Nelayan Indramayu
Nelayan Indramayu

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Puluhan kilometer garis pantai Kabupaten Indramayu tergerus abrasi. Diperlukan breakwater untuk mengatasinya.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu Edi Umaedi menyebutkan, panjang garis pantai di Kabupaten Indramayu mencapai 147 kilometer. Pada 2017, sepanjang 42,60 km di antaranya mengalami abrasi.

"Dari 42,60 km pantai yang abrasi itu, sepanjang 18,28 km telah ditangani dengan dibuat breakwater," katanya.

Sementara itu, sisanya yang mencapai 24,32 km belum tertangani. Namun, pihaknya belum mengetahui data terbaru tahun ini karena Pemkab Indramayu tak lagi berwenang atas masalah itu.

Dia menerangkan, sebagaimana Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, garis pantai 0–12 mil laut merupakan kewenangan pemerintah provinsi. Sementara, 12 mil ke atas menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Pihaknya, imbuh dia, sebatas menyarankan penanganan abrasi kepada pemerintah pusat maupun Pemprov Jawa Barat, melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung dan BBWS Citarum.

"Tahun ini kami mengusulkan pembuatan breakwater di titik-titik yang mengalami abrasi pantai," ujarnya.

Dia menyebutkan, titik-titik yang diusulkan itu di antaranya Tegalagung dan Krangkeng di Kecamatan Krangkeng, Desa Ujung Gebang, di Kecamatan Sukra, Desa Dadap di Kecamatan Juntinyuat, maupun Desa Eretan Wetan dan Eretan Kulon di Kecamatan Kandanghaur.

Dia meyakinkan, abrasi di Kabupaten Indramayu harus beroleh atensi besar. Garis pantai di Indramayu terhitung panjang sehingga akan berdampak pada permukiman maupun lahan tambak dan sawah warga.

Terlebih, peluang terjadinya abrasi semakin hari semakin tinggi, sebagai efek pemanasan global. Meningkatnya suhu udara mendorong makin tingginya penguapan air laut.

Dalam situasi itu, perbedaan kelembapan antara di darat dan laut semakin tinggi pula. Tak ubahnya dengan kecepatan angin yang semakin tinggi pula dan memperbesar risiko terjadinya abrasi.

Sementara itu, abrasi yang melanda pesisir Indramayu, salah satunya dikeluhkan para nelayan sebab telah membuat kehidupan mereka terganggu. Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Indramayu Dedi Aryanto menuturkan, abrasi telah membuat nelayan yang bermukim di dekat pesisir pantai harus merasakan dampak rob. Rumah sebagian mereka bahkan tergerus abrasi.

"Butuh biaya besar untuk membangun rumah lagi, apalagi kalau lahannya juga sampai hilang tergerus abrasi," cetusnya.

Abrasi, imbuhnya, terjadi akibat ketiadaan tanaman atau objek di pesisir pantai. Kondisi itu juga menyebabkan benih-benih ikan berkurang akibat ikan tak punya tempat untuk berkembang biak.

Praktis, pendapatan para nelayan pun berkurang mengingat jumlah tangkapan menurun. Mereka harus melaut hingga ke wilayah lain untuk menangkap ikan agar jumlahnya lebih banyak.

Dia menyebutkan, abrasi di Indramayu telah terjadi sejak puluhan tahun lalu. Pihaknya berharap pemerintan mengatasi problem ini secepatnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement