Senin 02 Sep 2019 12:08 WIB

Empat Negara Meriahkan Festival Al-Azhom Tangerang

Festival Al-Azhom tahun ini bertema Hijrah is Beautiful.

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Ani Nursalikah
Peringatan 1 Muharram atau Tahun Baru Islam di Kota Tangerang ditandai dengan Festival Al-Azhom yang kali ini memasuki tahun kedelapan, Sabtu (31/8).
Foto: Republika/Abdurrahman Rabbani
Peringatan 1 Muharram atau Tahun Baru Islam di Kota Tangerang ditandai dengan Festival Al-Azhom yang kali ini memasuki tahun kedelapan, Sabtu (31/8).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak empat negara sahabat mengikuti gelaran Festival Al-Azhom dalam memperingati 1 Muharram di Kota Tangerang. Kegiatan kali ini bertema Hijrah is Beautiful. Kegiatan rutin pemerintah kota Tangerang ini berlangsung 31 Agustus-12 September 2019.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dalam sambutannya menyampaikan, tahun ini acara festival dikemas secara berbeda. Festival yang diselenggarakan di Masjid Al-Azhom ini tidak hanya diikuti oleh kota dan kabupaten, namun juga negara sahabat.

Baca Juga

“Kalau dulu hanya sekitar Jabodetabek, sekarang diikuti tidak kurang dari 40 kota dan kabupaten se-Indonesia, ditambah empat negara sahabat yang juga ikut meramaikan” ucapnya, akhir pekan lalu.

Terdapat empat negara yang berpartipasi dalam festival, diantaranya Singapura, Malaysia, Filipina, dan Kamboja. Masing-masing negara mengirim empat utusan dan hanya Malaysia dengan 22 orang utusan.

Berbagai kegiatan digelar dalam festival kali ini, seperti memberikan bantuan perlengkapan sekolah, alat tulis, dan tas kepada anak-anak. Bantuan diberikan kepada 2.414 anak sekolah dan santunan kepada 1.441 anak yatim.

“Untuk bantuan peralatan sekolah, untuk setiap anak masing-masing menerima Rp 75 ribu dan Rp 200 ribu per orang pada anak yatim,” kata Arief.

Selain itu, festival ini diisi dengan berbagai perlombaan, seperti perlombaan MTQ internasional, perlombaan hadroh marawis, perlombaan busana, dan bazar kuliner yang disediakan di area festival. Arief mengatakan, dana yang terkumpul untuk Festival Al-Azhom merupakan hasil dari sumbangsih pegawai Pemkot Tangerang yang dikumpulkan melalui Baznas Kota Tangerang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement