Kamis 29 Aug 2019 19:05 WIB

Banyak Warga Cinere Depok Terjangkit Hepatitis A

Gejala yang dialami pusing-pusing, mual, dan mata kuning.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Virus hepatitis A
Foto: wikimedia
Virus hepatitis A

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sedikitnya 11 warga di RW 01, Kelurahan Cinere, Kecamatan Cinere, Kota Depok terjangkit penyakit Hepatitis A dalam sepekan ini. Ketua RT 02, RW 01, Kelurahan Cinere, Roma mengatakan, memang ada beberapa warganya yang terkena penyakit Hepatitis A.

Tapi, hingga kini belum diketahui berapa jumlah wargan Cinere yang positif terkena penyakit tersebut. "Iya benar ada beberapa warga yang terjangkit Hepatitis A," ujar Roma, Rabu (28/8).

Ada 11 warga yang terjangkit Hepatitis A dan sempat dirawat, namun enam di antaranya sudah pulang ke rumah, dan lima masih di rawat di rumah sakit. Gejala yang dialami pusing-pusing, mual, dan mata kuning. "Kami juga masih lakukan pendataan untuk mengetahui apakah masih ada lagi warga yang terjangkit penyakit Hepatitis A," terang Roma.

Roma menambahkan, untuk meminimalisasi penyebarluasan penyakit tersebut, pihaknya sudah melaporkan kejadian ini ke puskesmas. "Kami sangat khawatir sebab penyakit ini menular melalui virus. Jadi harus secepatnya dicegah sebelum mewabah," jelasnya.

Kepala Puskesmas Cinere, Muhimatul Munawaroh mengatakan, telah mendapat laporan penyakit Hepatitis A di wilayah RW 01, Kelurahan Cinere. Sebenarnya, lanjut dia, sudah terdata 17 orang yang menderita penyakit Hepatitis A. "Semua penderita memiliki rumah yang saling berdekatan. Demi memutuskan virusnya kami juga sudah mengecek rumah korban dan mengecek lingkungan sekitar bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok," tegasnya.

Menurut Maimatul, korban terjangkit Hepatitis A sebagian besar anak sekolah. "Untuk itu kami juga akan mengecek jajanan yang diperdagangkan dan juga akan mengecek sekolah-sekolah yang ada di Kelurahan Cinere," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan, sudah mendapat informasi adanya warga terjangkit virus Hepatitis A. "Untuk pencegahan kami segera menurunkan tim untuk melakukan penindakan dan penyuluhan," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement