Kamis 22 Aug 2019 02:00 WIB

Warga Mulai Gunakan Fasilitas Damri Rute Cimahi-Kertajati

Bus Damri digratiskan hingga akhir Desember 2019 mendatang.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih
Kepala Seksi Angkutan Darat Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang tengah  memantau bus Damri Cimahi tujuan Bandara Kertajati di The Edge Jalan Raya  Baros, Rabu (21/8).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Kepala Seksi Angkutan Darat Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang tengah memantau bus Damri Cimahi tujuan Bandara Kertajati di The Edge Jalan Raya Baros, Rabu (21/8).

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI- Sejumlah warga di Kota Cimahi yang hendak menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka mulai menggunakan fasilitas bus Damri rute Cimahi-Bandara Kertajati, Rabu (21/8). Keberadaannya disambut baik oleh para masyarakat yang memakai fasilitas tersebut.

Salah seorang penumpang, Lukman (40) mengaku mengetahui keberadaan fasilitas bus Damri menuju Kertajari dari media sosial. Katanya, biasanya dirinya berangkat menuju kesana harus terlebih dahulu ke Bandung.

Baca Juga

"Ini baru pertama naik, saya tahu dari medsos," ujarnya, Rabu (21/8).

Dirinya mengaku akan berangkat ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan menggunakan pesawat Lion Air jam keberangkatan pukul 16.20 Wib. Dia berharap agar perjalanan dari Cimahi menuju bandara tidak memakan waktu yang lama dan tepat waktu.

Sementara itu, penumpang lainnya Renaldi (53) mengaku adanya fasilitas bus Damri ke bandara Kertajati sangat memudahkan. Rencananya, katanya ia akan berangkat ke Medan pukul 17.00 Wib dan biasanya sebelumnya harus menuju ke Bandung terlebih dahulu.

Bagian Pelayanan Jasa Damri Cabang Bandung, Sandi Krisnandi mengungkapkan lama perjalanan bus Damri dari Kota Cimahi menuju Kertajati sekitar dua jam. Namun jika terjadi kemacetan mencapai 2.5 jam.

"Kita langsung berangkat sesuai jadwal. Ada atau gak ada penumpang kita tetap berangkat dan gak mampir-mampir di perjalanan," katanya.

Menurutnya, antusias masyarakat Bandung Raya menggunakan moda transportasi sangat besar termasuk di Cimahi. Beberapa warga di Batujajar, Cililin banyak yang menanyakan jadwal keberangkatan disini.

Bus Damri rute Kota Cimahi menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka resmi beroperasi, Selasa (20/8) kemarin. Keberadaannya diharapkan bisa melayani masyarakat di Kota Cimahi yang hendak menuju bandara tersebut.

Bagi yang hendak menggunakan fasilitas bus Damri tersebut, anda bisa langsung menuju lokasi keberangkatan di The Edge, jalan Baros Raya. Fasilitas tersebut digratiskan hingga akhir Desember 2019 mendatang.

Pelayanan keberangkatan di Kota Cimahi dimulai pukul 02.00 Wib, 06.00 Wib, pukul 11.00 Wib dan pukul 15.00 Wib. Sedangkan keberangkatan dari BIJB Kertajati menuju Kota Cimahi dimulai pukul 07.00 Wib, pukul 11.00 Wib, pukul 16.00 Wib dan pukul 22.00 Wib.

"Bus sudah mulai beroperasi. Sosialisasi sendiri dilakukan sambil berjalan," ujar Kepala Seksi (Kasi) angkutan Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang.

(N-Muhammad Fauzi Ridwan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement